Pusat Janji Bangun Tiga SPBG | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pusat Janji Bangun Tiga SPBG

Foto Pusat Janji Bangun Tiga SPBG

* Di Krueng Geukueh, Lhoksukon, dan Pantonlabu

LHOKSUKON – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (EDSM), berjanji akan membangun tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Kabupaten Aceh Utara pada tahun ini. Pembangunan SPBG tersebut untuk memenuhi bahan bakar boat nelayan untuk melaut dan untuk kebutuhan rumah tangga.

Rencananya, Kementerian ESDM akan membangun tiga SPBG tersebut masing-masing di Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Lhoksukon, Kecamatan Lhoksukon, dan Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye.

Rencana pembangunan SPBG di Aceh Utara oleh Kementerian ESDM tersebut, disampaikan Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib, kepada Serambi, Sabtu (26/3). Menurut pria yang akrab disapa Cek Mad itu, rencana pembangunan SPBG tersebut merupakan hasil pertemuannya dengan Kementerian ESDM di Jakarta, tiga hari lalu.

Selain itu, kata Cek Mad, dalam pertemuan tersebut Menteri ESDM Sudirman Said juga menyatakan pihaknya akan menambah jumlah kuota penerima gas rumah subsidi di Aceh Utara, dari sebelumnya 3.000 rumah menjadi 8.000 rumah.

“Artinya ada pebambahan 5.000 rumah lagi, tapi kita berharap kepada menteri untuk 3.000 rumah yang sudah dipasang pipa di kawasan Tanah Luas, Matangkuli, Nibong, dan Lhoksukon, bisa segera difungsikan dulu. Sehingga warga bisa menikmati gas subsidi tersebut,” kata Bupati Aceh Utara kepada Serambi, kemarin.

Disebutkan Cek Mad, pihak kementerian ESDM berjanji dalam waktu dekat akan turun langsung ke Aceh Utara untuk melihat lokasi untuk pembangunan tiga SPBG tersebut. “Biaya pembangunannya ditanggung kementerian. Sedangkan Pemkab Aceh Utara hanya menyediakan lahan di tiga lokasi tersebut,” kata Cek Mad.

Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib menambahkan, dalam pertemuan di Jakarta, Kementerian ESDM juga berjanji akan memberikan bantuan berupa 600 unit mesin boat yang menggunakan bakarnya gas kepada nelayan di Aceh Utara.

“Pemkab Aceh Utara tentu sangat menyambut baik rencana Kementerian ESDM tersebut. Namun kita berharap agar bisa direalisasikan tepat waktu sebagaimana yang disampaikan, sehingga masyarakat nanti tak bertanya-tanya,” demikian Bupati.(jaf) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id