Tanggul Danau Anak Laut Ambruk | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tanggul Danau Anak Laut Ambruk

Tanggul Danau Anak Laut Ambruk
Foto Tanggul Danau Anak Laut Ambruk

SINGKIL – Tanggul Anak Laut di Desa Gosong Telaga Barat, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil, ambruk. Akibatnya ketika musim banjir rob air masuk ke permukiman penduduk setempat Berdasarkan pantauan Serambi, Jumat (15/9) tanggul yang ambruk sekitar 25 meter.

Jaraknya hanya 10 meter dari belakang rumah warga. Air danau mengalir ke arah permukiman ketika air laut sedang pasang. Sebab Danau Anak Laut terhubung langsung ke lautan lepas. Tanggul yang jebol terus memanjang lantaran terkena hempasan ombak.

“Makin lama tanggul yang ambruk semakin lebar, akibat terkena ombak,” kata Arfan penduduk Gosong Telaga Barat kepada Serambi kemarin. Selain ambruk, sepanjang 300 meter bagian bawah tanggul juga telah keropos. Sehingga air terus masuk ke daratan. Jika dibiarkan tidak mustahil tanggul yang ambruk semakin tambah lebar.

Tanggul Anak Laut ambruk sejak tiga tahun lalu, namun tidak ada upaya perbaikan. Akibatnya kerusakan bertambah parah dan terus memanjang. Tahun lalu permukiman penduduk Gosong Telaga Barat, sempat terendam banjir rob yang masuk melalui tanggul jebol.

Bahkan air tidak hanya menggenangi rumah, tapi masuk ke jalan raya. Warga berharap adanya perhatian pemerintah untuk mencegah meluasnya kerusakan tanggul dan mengatasi banjir rob yang masuk ke perkampungan.(de) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id