Tahun Depan, Pesta Rakyat Gayo akan Lebih Semarak Lagi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tahun Depan, Pesta Rakyat Gayo akan Lebih Semarak Lagi

Foto Tahun Depan, Pesta Rakyat Gayo akan Lebih Semarak Lagi

TAKENGON – Perhelatan akbar, sepeda dan jalan santai yang diikuti hampir 5.000 orang pada Minggu (20/3) berlangsung meriah dan lancar. Tetapi, direncanakan, pesta rakyat Gayo itu pada 2017, akan dibuat lebih semarak lagi, baik dari jumlah peserta maupun hadiah doorprize yang diperebutkan.

Mustafa Kamal, Kabag Humas Pemkab Aceh Tengah di sela-sela even itu dalam menanggapi protes sejumlah peserta yang sempat ditemui Serambi menegaskan tahun depan akan lebih semarak lagi. “Minimal, baju kaos yang dibagikan, sebanyak 75 persen dari jumlah peserta,” jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah peserta fun bike mempertanyakan pola pembagian baju kaos yang hanya 1.000 lembar, padahal peserta membludak, sekitar 4.500 orang. Mereka yang tidak memakai baju kaos bertuliskan sepeda dan jalan santai itu berharap pola pembagian harus adil.

“Satu orang bisa membeli 10 kupon, sehingga mendapat 10 baju kaos, sehingga peserta lainnya tidak mendapat baju kaos,” kata mereka. Mereka juga berharap, panitia menggratiskan biaya pendaftaran, tetapi Mustafa menyatakan biaya dikenakan, agar pendaftaran lebih tertib.

“Kalau untuk menggratiskan biaya pendaftaran tidak mungkin, tetapi untuk memperbanyak baju kaos dan hadiah doorprize dimungkinkan,” ujar Mustafa dengan serius. Dia mengaku, animo warga Gayo mengikuti even itu tinggi, tetapi tidak terlihat semarak, karena hanya 20 persen peserta yang memakai baju kaos, sedangkan lainnya tidak.

Dia menjelaskan evaluasi akan segera dilaksanakan, sehingga sejumlah kekurangan akan dapat diperbaiki tahun depan. Pertama, sebutnya, baju kaos yang dikeluhkan peserta akan diperbanyak, begitu juga dengan jumlah hadiah doorprize, tetapi tetap disesuaikan dengan anggaran yang ada tahun depan.

Apalagi, sebutnya, tahun depan akan dimulai pesta demokrasi rakyat, pemilihan calon gubernur/wagub, calonbupati/wabup sampai calon walikota/wakil walikota. Dia berharap, even pesta rakyat Gayo tidak terkontaminasi dengan euforia pemilihan pemimpin Aceh Tengah yang saat ini mulai memanas di Dataran Tinggi Gayo.

Mustafa juga mengaku senang dan gembira dengan membludaknya peserta ‘fun bike dan fun walk’ yang diikuti anak-anak sampai orang dewasa, termasuk para ibu muda yang menggendong bayinya mengikuti fun walk. “Even ini menandai tingginya kebersamaan warga Gayo dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” urainya.

Seperti dilansir sebelumnya, sedikitnya 4.500 peserta sepeda dan jalan santai (funbike dan funwalk) membanjiri ruas-ruas jalan utama Takengon, Aceh Tengah, Minggu (20/3) pagi. Mereka dengan penuh semangat meramaikan dua even dalam rangka HUT Ke-439 Kota Takengon itu.

Tingginya antusiasme warga mengikuti kegiatan tercermin dari membludaknya kumpulan massa saat start dan finish di areal Gedung Kir Takengon pada pukul 08.00 WIB. Satu jam sebelum pelepasan, para peserta telah memadati ruas jalan Paya Ilang. Berbagai lapisan masyarakat tumpah ruah ke jalan untuk mengikuti kegiatan itu.

Tepat pukul 08.00 WIB, peserta sepeda santai dilepas Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs H Khairul Asmara, didampingi Ketua DPRK, Muchsin Hasan, Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din, Kapolres Aceh Tengah, AKBP Dodi Rahmawan, Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Arm Ferry Ismail, Asisten I, Mursid, dan perwakilan Bank Aceh. Sedangkan pelepasan peserta jalan santai dilakukan Ketua DPRK Aceh Tengah, Muchsin Hasan.(muh) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id