Puting-Beliung Terjang Pantan Cuaca | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Puting-Beliung Terjang Pantan Cuaca

Foto Puting-Beliung Terjang Pantan Cuaca

* 25 Rumah Rusak Parah dan Ringan

BLANGKEJEREN – Angin puting-beliung berkecepatan tinggi menerjang kawasan Kecamatan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues (Galus) pada Jumat (25/3) sore, sekitar pukul 16.30 WIB. Sebanyak 25 unit rumah warga rusak ringan, sedang sampai parah, tetapi tidak ada korban jiwa, kecuali mengungsi ke rumah kerabat.

Berdasarkan informasi yang diterima Serambi, kemarin, sejumlah rumah warga rusak parah, lainnya sedang dan ringan. Pada Sabtu *(26/3) pagi, para korban mulai kembali ke rumahnya untuk memperbaiki bagian yang rusak, terutama atap yang diterbangkan angin, dibantu warga desa setempat dan tetangga.

Camat Pantan Cuaca, M Husin SAg, kepada Serambi, Sabtu (26/3) mengatakan, 25 unit rumah warga Desa Seneren yang rusak diterjang angin puting-beliung, sebagian besar rusak pada bagian belakang rumah atau dapur. Dia menjelaskan, rumah yang rusak masih berdindin papan, tetapi juga ada yang semi permanen.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu dan warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak, dibantu warga setempat,” ujar M Husin. Dia mengaku, para korban sempat mengungsi pada Jumat malam ke rumah kerabat atau tetangga, karena tidak mungkin menempati rumah yang atapnya telah diterbangkan angin.

Camat Pantan Cuaca mengaku sebagian seng rumah warga diterbangkan angin puting beliung sejauh 200 meter lebih, tetapi sudah diambil untuk dipasang kembali pada tempatnya. Dia tidak menyebutkan, apakah ada atau tidak bantuan dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Dinsos Galus untuk para korban puting-beliung.

Sedangkan Penghulu Desa Seneren, Zakaria mengatakan dari 25 unit rumah warga yang rusak diterjang angin puting-beliung, delapan unit di antaranya mengalami rusak berat dengan kategori rusak. Dia menjelaskan atap bersama plafon rumah diterbangkan angin, selain dinding papan roboh ke tanah, sehingga belum bisa ditempati.

Disebutkan, 17 unit rumah lainnya mengalami rusak ringan yakni bagian belakang atau dapur rumah rusak. “Saat ini, bantuan masa panik dari Pemkab Galus untuk korban angin puting-beliung sedang dalam perjalanan menuju desa,” kata Penghulu Serenen, Zakaria, seraya mengaku sedang berada di Rikit Gaib membawa bantuan dari Dinsos Galus.(c40) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id