Kerja Untuk Ibadah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kerja Untuk Ibadah

Kerja Untuk Ibadah
Foto Kerja Untuk Ibadah

Oleh: Jarjani Usman

“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati seorang mukmin, atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya, atau engkau membayarkan hutangnya, atau engkau hilangkan kelaparannya.” (HR. Ath Thabrani).

Kebanyakan di antara kita suka mencari susah, walaupun sebenarnya sangat mengharapkan kesenangan hidup. Dalam bekerja untuk mencari nafkah, misalnya, yang seharusnya memperoleh banyak kebahagiaan hidup, bila bekerja ikhlas.

Bekerja dengan baik dan ikhlas untuk membantu orang banyak akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti kepuasan orang-orang yang dilayani urusannya, kepuasan diri sendiri, terhindar dari dosa, serta yang lebih penting rasa cinta sekaligus pahala dari Allah. Hidup dalam lingkungan yang penuh kasih sayang sungguh sangat menyenangkan hati.

Namun demikian, bagi orang yang suka menyusahkan orang lain, walaupun memperoleh tambahan uang atau harta dari perbuatannya, tidak akan (benar-benar) bahagia dalam hidupnya di dunia, apalagi di akhirat kelak. Harta demikian haram untuk dimakan, tidak sah untuk disedekahkan, tidak baik untuk digunakan untuk membuat rumah atau membeli kendaraan, dan berbagai keburukan lainnya.

Hidup seperti ini akan sia-sia, karena dunia tidak menjadi ladanguntuk beramal untuk kehidupan akhirat. Karena itu, membetulkan cara bekerja sehari-hari dan menganggapnya sebagai ibadah sangat penting dilakukan, agar meraih banyak keuntungan. (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id