Longsor Terjang Aceh Tengah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Longsor Terjang Aceh Tengah

Longsor Terjang Aceh Tengah
Foto Longsor Terjang Aceh Tengah

* Banjir Kepung Kampung Linung

TAKENGON – Kabupaten Aceh Tengah yang rawan longsor dan banjir kembali diterjang bencana itu sepanjang Senin (11/9) malam, seiring hujan deras terus turun. Sejumlah ruas jalan provinsi dan kecamatan sempat terputus tertimbun material longsor dan banjir menerjang Kampung Linung, Kecamatan Bintang.

Jalan yang longsor, seperti jalan menuju objek wisata Pantan Terong dan kawasan Pantan Jerik, Kecamatan Kute Panang, Terdapat, dua titik longsor di kawasan Pantan Jerik, hingga memutuskan akses total jalan penghubung antarkecamatan.

“Kalau jalan Takengon-Bintang sudah langsung dibersihkan sejak tadi pagi. dan sudah kembali lancar. Begitu juga dengan bongkahan batu yang sempat jatuh di jalan menuju Pantan Terong, juga sudah dibersihkan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Thamrin Elasri, Selasa (12/9).

Dia mengatakan ujan yang terus menerus tjurun sejak beberapa hari lalu telah menyebabkan meluapnya aliran air di kawasan Kampung Linung, Kecamatan Bintang. Sehingga, katanya, sempat merendam beberapa rumah warga di daerah itu.

“Memang air masuk hanya sekitar 20 hingga 30 sentimeter, tapi kita minta warga untuk tetap berjaga-jaga sepanjang malam, walau ketinggian airnya sudah turun,” terang Thamrin. Dia mengatakan untuk pembersihan jalan Takengon-Bintang, tepatnya di kawasan Utung-Utung, dikerahkan alat berat milik BPBD Aceh Tengah.

Sedangkan untuk pembersihan ruas jalan Pantan Jerik diturunkan alat berat dari Dinas PU. “Kita upayakan, beberapa titik ruas jalan yang tertimbun longsor untuk dapat segera ditangani, termasuk jalan Pantan Jerik,” sebutnya.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah ini juga mengingatkan masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan rawan bencana banjir serta tanah longsor untuk tetap waspada serta jeli melihat potensi bencana. “Bencana alam tidak bisa diduga, tetapi kita mengimbau agar warga bisa tetap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbaunya.

Amatan Serambi, ruas jalan yang tertimbun longsor di kawasan Utung-Utung, Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, sudah dapat dilalui oleh kendaraan. Lokasi tersebut, merupakan daerah rawan longsor, apalagi di musim hujan. Dalam setahun terakhir ini, sudah beberapa kali terjadi longsoran di lokasi yang sama, bahkan sempat merenggut korban jiwa meninggal dunia serta luka-luka.

Hingga Selasa (12/9) sore, cuaca di Kota Takengon, masih diguyur hujan dengan intesitas sedang. Namun, mendung masih menyelimuti daerah berhawa sejuk itu. “Petugas serta peralatan pendukung, tetap disigiakan selama 24 jam. Bila terjadi, musibah tim kami langsung bergerak agar penanganan bisa cepat dilakukan,” pungkas Thamrin Elasri.(my) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id