Pria Berpistol Curi Sepmor | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pria Berpistol Curi Sepmor

Pria Berpistol Curi Sepmor
Foto Pria Berpistol Curi Sepmor

BIREUEN – Pelaku pencurian sepeda motor dan ternak di kawasan Desa Alue Udeung, Kecamatan Peusangan Bireuen, sekitar pukul 07.00 WIB, Selasa (12/9), melepaskan beberapa tembakan ke udara saat dikejar warga. Sepeda motor berhasil dilarikan, namun tiga ekor ternak yang sempat hilang di kandang gagal diangkut.

Informasi yang diperoleh Serambi, sepeda motor milik Muhammadiyah (59) diparkir di teras rumah. Saat pemiliknya bangun untuk shalat Subuh, kendaraan itu menghilang. Muhammadyah lantas ke luar dari rumahnya untuk mencari sepmor yang menghilang itu. Namun, reman-remang terlihat seorang pria sedang mendorong sepedamotor miliknya ke arah semak belukar. Muhammadyah tak bernyali mengejarnya. Dia membiarkan saja pria itu pergi. Namun, diam-diam dia memberitahukan ke sejumlah tetangganya. Beberapa tetangganya kemudian ke luar umah dan sempat mengejarnya. Namun, pelaku menghilang.

Sekitar beberapa ratus meter dari rumah korban, saat pelaku membawa sepeda motor sempat berpapasan dengan sejumlah ibu-ibu yang hendak ke kebun. Kaum ibu ingin mengambil batu untuk melempar pencuri. Namun, pelaku dengan spontan melepaskan tembakan ke udara. Warga pun ketakutan.

Beberapa warga lain juga sempat berusaha mengejarnya dengan sepeda motor. Eh, pelaku lagi-lagi melepaskan tembakan. “Bang Zul (yang mengejar) takut mendengar suara dentuman senjata api sejenis pistol,” ujar seorang warga kepada Serambi. Zul kemudian membiarkan saja maling Sepmor itu menjauh. Tiba-tiba muncul satu unit Gran Max Pick Up, lalu sepeda motor tersebut dinaikkan ke dalam kendaraan tersebut. Mereka menghilang ke arah utara yang tembus ke Cot Ijue, Peusangan.

Sekira pukul 07.00 WIB, Husaini (50) warga setempat terkejut karena tiga ekor lembu di kandangnya menghilang. Kuat dugaan, pelaku curanmor sasarannya mencuri lembu, bukan sepeda motor ‘koh naleung’ milik Muhammadyah yang kerap dipakai menuju kebun. “Karena mobil tidak bisa lewat disebabkan jalan rusak, maka pelaku mengambil sepeda motor untuk melarikan diri,” tutur seorang warga. Namun, beberapa saat kemudian warga lainnya memberitahukan sang pemilik bahwa 3 ekor lembu terikat di dalam hutan, yang berjarak 1 Km dari rumah korban.

Beberapa warga mengaku mendengar letusan senjata api sebanyak empat kali. Diduga pelaku menggunakan senjata jenis pistol dan memang terlihat dari jauh pelaku memegang pistol. “Warga saya ketakutan dan takut mengejar, karena ada senjata api di tangan. Apakah senjata benaran atau mainan dan mungkin saja softgun. Yang jelas pelaku menembak dan mengeluarkan suara dentuman,” ujar Tarmizi, Keuchik Alue Udeung.

Sepeda motor yang hilang milik Muhammadiyah jenis Supra BL 6021 ZA, nomor rangka NB 08467005 dan nomor mesin NBE1066916. Beberapa waktu lalu dua unit sepeda motor juga hilang di rumah yang berjarak puluhan meter dari rumah Muhammadiyah.

Sekitar dua jam setelah kejadian aksi pencurian sepeda motor di Desa Alue Udeng, sejumlah personel dari Polres Bireuen dan Polsek Peusangan turun ke desa itu untuk mendapatkan berbagai keterangan, apalagi adanya informasi letusan senjata api yang membuat warga ketakutan.

Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto SE SH melalui Kapolsek Peusangan, Iptu Munawar kepada Serambi di desa itu mengatakan, informasi yang diperoleh memang ada letusan senjata api untuk menakutkan warga yang sedang mengejarnya.

Namun, kata dia, letusan tersebut belum bisa dipastikan dari senjata api. Mungkin saja pelaku menggunakan softgun, senjata rakitan, atau mercon besar yang suaranya juga keras. Beberapa personel dari Polres Bireuen dan Polsek Peusangan menelusuri lokasi kejadian pencurian sepeda motor dan lembu di desa itu.

Kapolres mengharapkan warga setempat untuk cepat melapor apabila ada kejadian serupa. Korban pencurian sepeda motor dan korban pencurian lembu, walaupun lembu tidak berhasil diangkut, sudah membuat laporan ke Polsek Peusangan.(yus) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id