Kemenkumham Butuh CPNS Bermoral Baik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kemenkumham Butuh CPNS Bermoral Baik

Kemenkumham Butuh CPNS Bermoral Baik
Foto Kemenkumham Butuh CPNS Bermoral Baik

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur S1 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) Aceh sudah dimulai sejak dua hari lalu. Pada hari pertama, dari total 7.541 pendaftar, sebanyak 1.225 orang di antaranya sudah mengikuti ujian dengan sistem komputerisasi di Kampus Universitas Abulyatama, Aceh Besar.

Dalam ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di hari pertama ini, dari 1.225 peserta yang mengikuti ujian, hanya 45 orang lulus. Selebihnya, 1.180 orang gugur dan tak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Kepala Kantor Regional (Kakanreg) XIII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Banda Aceh, Makmur Ibrahim SH MHum menjelaskan, para peserta harus menjawab 100 soal yang meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakter pribadi (TKP). Adapun passing grade (batas nilai minimal) setiap peserta untuk bisa lulus CAT adalah 298. “Siapa yang mencapai passing grade segitu, maka dinyatakan lulus ujian CAT,” tegas Makmur.

Peserta yang lulus CAT akan ikut tes tahapan selanjutnya. “Kita dari BKN hanya bertanggung jawab pada ujian CAT, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN),” pungkas Makmur.

Ujian dengan sistem CAT ini berlangsung sangat transparan, karena setiap peserta langsung bisa melihat passing grade yang diperoleh, usai menutup laman soal di komputer yang disediakan.

Para peserta juga tidak bisa menyontek selama ujian berlangsung meski duduk berdekatan, karena soal antara satu peserta dengan peserta lainnya berbeda. “Sistem ujian CAT ini mempertegas bahwa seleksi ini bersih dan transparan, tidak ada yang bisa main-main, mau urus atau titip-titip peserta agar lulus. Semuanya ditentukan oleh kemampuan peserta, jika bisa menjawab dan memenuhi passing grade maka lulus, nilainya juga bisa dilihat langsung dan tidak bisa diubah oleh siapapun,” kata Makmur.

Pesan penting yang ingin kita sampaikan adalah, dengan sistem CAT, maka kamampuan diri seorang pesertalah yang menentukan lulus atau tidak. Dengan demikian tak perlu terbujuk gombalan calo atau bahkan mencari-cari beking. Sebab, harapan rakyat adalah yang CPNS terpilih adalah mereka yang memiliki motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan dalam melaksanakan tugas jabatannya kelak.

Di tengah lemahnya pemerintah dan swasta membuka lapangan kerja, mau tidak mau CPNS menjadi buruan hampir semua lulusan SMA dan perguruan tinggi. Ditambah lagi, masyarakat kita yang kurang berminat berwiraswasta, menjadi faktor penyumbang tingginya persaingan dalam perebutan jatah di CPNS.

Sekali lagi, lingkungan Kemenkumham daerah ini membutuhkan pegawai yang benar-benar bermoral dan berintegritas tinggi, terutama mereka yang nantinya ditempatkan sebagai sipir lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan. Jangan sampai ada lagi sipir yang terjerat dalam jaringan bisnis narkoba. Atau sipir punya hobi buruk memeras pengunjung penjara dan kenakalan lainnnya. (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id