Membina Akhlak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Membina Akhlak

Membina Akhlak
Foto Membina Akhlak

Oleh: Jarjani Usman

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik” (HR. al Bukhari).

Kota Makkah yang tampak hari ini begitu indah bukan terwujud dalam satu hari. Kota itu telah melalui proses yang amat panjang dan menghabiskan banyak harapan, tenaga, pikiran, waktu, dan uang untuk mewujudkannya. Sebelumnya merupakan gurun yang tandus. Dari proses yang terjadi pada makhluk mati saja membutuhkan proses yang panjang, apalagi membina akhlak manusia, terutama akhlak diri kita sendiri.

Membina akhlak membutuhkan proses yang panjang dan bahkan terus-menerus sepanjang hayat. Apalagi iman sebagai faktor berpengaruh terhadap baiknya akhlak bisa turun naik. Orang-orang yang sudah dianggap baik akhlaknya bisa tiba-tiba berubah sewaktu-waktu, sehingga menjaga iman sangat diprioritaskan dan membutuhkan kerjasama untuk saling menjaga dan mengingatkan. Bahkan telah disebutkan dalam suatu hadits, ada orang yang melakukan perbuatan penghuni surga, tapi di akhir hayatnya ia melakukan perbuatan penghuni neraka (HR. al Bukhari).

Demikian juga dengan akhlak seseorang anak, yang dalam proses pembinaannya melalui proses yang kompleks dan penuh pertentangan. Apalagi anak-anak suka menjiplak apa yang terjadi dalam lingkungannya. Di saat mereka sedang meniru kebaikan dari seseorang, muncul contoh-contoh buruk dari orang lain lagi. Karena itu, perlu berusaha dengan sabar dan dengan rasa optimis dalam perjalanan membina akhlak. (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id