Bendera Bintang Bulan Dikibar di Kubah Masjid | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bendera Bintang Bulan Dikibar di Kubah Masjid

Foto Bendera Bintang Bulan Dikibar di Kubah Masjid

SUKA MAKMUE – Aparat kepolisian dan TNI di Nagan Raya, Jumat (25/3) sekitar pukul 08.00 WIB, mengamankan selembar bendera Bintang Bulan yang dipasang oleh orang yang belum teridentifikasi, di puncak kubah Masjid Babul Taqwa, Kuala Tadu, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Serambi dari berbagai sumber kemarin, warga setempat kaget melihat kubah masjid tersebut yang biasanya tanpa bendera, tiba-tiba sudah ada bendera Bintang Bulan di atasnya. Dulu, semasa konflik, bendera itu dikenal sebagai milik Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Namun, sejak 2013, seluruh fraksi di DPR Aceh kompak menyepakati bendera tersebut sebagai bendera Aceh, sehingga diundangkan di dalam Qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh.

Namun, hingga kini qanun tersebut masih ditentang pemerintah pusat, baik Kemendagri maupun Menko Polhukam. Tak terkecuali Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jadi, status bendera itu kini masih dalam cooling down, pembicaraan politik yang menggantung. Belum tuntas secara yuridis.

Begitu mendapat informasi tentang bendera yang masih kontroversial itu berkibar di kubah masjid, polisi dan aparat TNI yang bertugas di Pos Tadu Raya langsung bergerak ke lokasi.

Setelah berkoordinasi dengan aparat desa, bendera ini akhirnya diturunkan warga dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan.

“Setelah kami tanyakan kepada warga di sekitar lokasi siapa yang menaikkan bendera itu seluruh warga mengaku tak ada yang melihatnya. Juga tak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas penaikan bendera tersebut,” kata Kapolres Nagan Raya, AKBP Agus Andrianto SIK melalui Kapolsek Kuala, Iptu Tri Andi Dharma kepada Serambi, Jumat sore.

Berdasarkan hasil pengembangan yang dilakukan polisi, kata Iptu Andi, sejauh ini belum diketahui siapa pelaku yang memasang bendera tersebut di atas kubah masjid.

Polisi memperkirakan, pemasangan Bintang Bulan ini dilakukan sekitar Jumat dini hari atau menjelang subuh. Soalnya, sejumlah warga yang ditanyai mengaku tak tahu kapan bendera itu dipasang di kubah masjid. Diperkirakan, pemasangannya dilakukan saat warga tidur malam.

Menurut Kapolsek Tri Andi, bendera tersebut hingga Jumat malam sudah diamankan pihaknya bersama pihak TNI di Nagan Raya untuk penyelidikan lebih lanjut. (edi) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id