Oktober, Abdya Rumahkan 3.120 Honorer | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Oktober, Abdya Rumahkan 3.120 Honorer

Oktober, Abdya Rumahkan 3.120 Honorer
Foto Oktober, Abdya Rumahkan 3.120 Honorer

BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Abdya pada Oktober mendatang akan merumahkan 3.120 tenaga kontrak atau honorer yang bekerja di sejumlah instansi Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya). Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) tentang tenaga kontrak atau pegawai non PNS di lingkungan Pemkab Abdya yang diterbitkan pada masa pemerintahan Jufri Hasanuddin. SK tersebut berlaku sejak Januari hingga September atau selama sembilan bulan.

Karenanya, Pemkab Abdya hanya menyediakan honor selama sembilan bulan, sehingga Pemkab tidak bisa mengusulkan dan memperpanjang kontrak dan pembayaran honor untuk selanjutnya.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim saat dihubungi Serambi mengaku sedih karena tidak bisa mengusulkan honor atau gaji untuk tenaga honorer pada APBK Perubahan 2017. Sebab setelah dilakukan pemotongan utang sebesar Rp 27 miliar akibat kebijakan pemerintah sebelumnya, sisa anggaran pada APBK Perubahan hanya tersisa Rp 12 miliar.

“Jadi bukan diberhentikan, namun itu sesuai bunyi SK mereka, yang diteken Pak Jufri, bisa lihat suratnya sama Pak Sekda atau, para tenaga honorer bisa melihat SK mereka masing-masing,” kata Akmal. Menurutnya dalam waktu dekat Pemkab Abdya kembali akan menyeleksi ulang para tenaga kontrak yang akan dibutuhkan pada 2018 mendatang. Para tenaga honorer itu, akan diseleksi sesuai dengan tenaga yang dibutuhkan oleh pemerintah, dan akan digaji selama 12 bulan.

“Jadi, yang kita kontrak sesuai dengan tenaga yang kita butuhkan, tidak asal-asal,” sebutnya. Selain itu, kata Akmal, pada tahun 2018 mendatang, gaji tenaga honorer atau kontrak akan dinaikkan. Karena, besaran honor yang dibayarkan untuk tenaga kontrak selama ini tidak layak. “Insya Allah, akan saya naikkan, minimal sebesar saat saya menjabat dulu, yaitu Rp 1,2 juta,” terangnya.

Berdasarkan SK yang diteken mantan Bupati Abdya Jufri Hasanuddin tenaga kontrak atau pegawai non PNS di lingkungan Pemkab Abdya berjumlah 3.120 orang yang tersebar di sejumlah SKPK dan Sekolah TK, SD hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Honor yang diberikan untuk tenaga kontrak itu dibayar sesuai dengan tingkatan pendidikan, dan dibebankan sesuai yang tertampung dalam DPA masing-masing SKPK.

Honor yang dibayarkan untuk tenaga kontrak selama ini, untuk ijazah SMA sederajat sebesar Rp 500.000, DIII Rp 550.000, D4/S1 Rp 600.00, tenaga pengantar surat (caraka) Rp 600.000, cleaning service dan penjaga kantor Rp 900.000, sopir Rp 1 juta.

Untuk diketahui, jumlah tenaga kontrak yang bertugas di badan/kantor sebanyak 1.095 orang, rumah sakit dan Puskesmas sebanyak 683 orang, sejumlah sekolah di Abdya 1.269 orang, staf khusus lima orang, 15 orang perwakilan di Banda Aceh dan Jakarta, serta petugas di Pendopo.(c50) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id