Pegadaian Syariah Gelar Seminar Arrum Haji | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pegadaian Syariah Gelar Seminar Arrum Haji

Pegadaian Syariah Gelar Seminar Arrum Haji
Foto Pegadaian Syariah Gelar Seminar Arrum Haji

BANDA ACEH – Pegadaian Syariah Sabang menggelar seminar Arrum Haji yang merupakan produk dari PT Pegadaian Syariah, di Hotel Nagoya Inn, Sabang, Minggu (10/9). Kegiatan yang mengangkat tema “langkah mudah menuju Baitullah” ini diisi oleh sejumlah narasumber yaitu Kasi Haji dan Umrah Kankemenag Sabang, H Murdani MA, tokoh agama di Sabang Hj Budiah (bu’lek) dan Asisten Manajer Penjualan Pegadaian Area Aceh, Fauzi Gazali.

Seminar tersebut dihadiri 150 orang dari berbagai kalangan masyarakat yang dibuka oleh Pemimpin Cabang Pegadaian Syariah Banda Aceh, Syamsulsyah Rizal SE. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terkait layanan Pegadaian tersebut untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin mendapatkan porsi haji dengan cara yang mudah.

Asisten Manajer Penjualan Pegadaian Area Aceh, Fauzi Gazali dalam presentasinya menjelaskan Arrum Haji adalah skema gadai emas untuk mendapatkan porsi haji. Hal tersebut didasari oleh Fatwa MUI Nomor 92/DSN-MUI/VI/2014 tentang pembiayaan yang disertai rahn.

“Intinya, cukup dengan memiliki emas setara lima mayam, Pegadaian memberikan pinjaman senilai Rp 25 juta dalam bentuk tabungan haji yang akan dibuka di Bank Syariah yang telah bekerjasama dengan Pegadaian,” ujarnya.

Kemudian, nasabah akan didampingi oleh pihak Pegadaian ke Kemenag setempat untuk pengurusan mendapatkan nomor porsi hajinya. Lalu nasabah tinggal mencicil di Pegadaian dengan pilihan tenor waktu 1 sampai 5 tahun.

Sementara Kasi Haji dan Umrah Kankemenag Sabang, H Murdani menyampaikan saat ini waiting list (daftar tunggu) di Aceh mencapai 20 tahun. Ia mengajak seluruh peserta untuk segera menunaikan ibadah haji selagi usia masih muda, maka sejak saat inilah apabila memiliki kemudahan untuk mendaftar haji, maka segera langsung mendaftar.

Sedangkan tokoh agama di Sabang, Hj Budiah menyampaikan orang-orang yang berniat ingin menunaikan ibadah haji walaupun dengan keterbatasan finansial, namun memiliki niat yang kuat. Maka insya Allah akan dimudahkan jalan untuk menjadi tamu Allah. (una/rel) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id