Pilot Sesak Napas, Lion Aceh-Batam Didaratkan di Kualanamu | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pilot Sesak Napas, Lion Aceh-Batam Didaratkan di Kualanamu

Foto Pilot Sesak Napas, Lion Aceh-Batam Didaratkan di Kualanamu

MEDAN – Pilot Lion Air JT 811 yang sedang menerbangkan pesawat dari Aceh ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau, tiba-tiba mengalami sesak napas, Jumat (25/3) sore. Akibatnya, pesawat didaratkan mendadak di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

Sang pilot yang namanya belum diketahui itu langsung dievakuasi ke rumah sakit setibanya di Bandara Kualanamu. Sedangkan para penumpang dari Aceh tertunda terbang beberapa jam ke Batam.

Dari Bandara Kualanamun, pilot tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Columbia Asia di Jalan Listrik, Medan. “Pramugara nggak bilang pilotnya sakit apa. Cuma bilang gangguan kesehatan,” kata Rina, warga Aceh yang menjadi salah satu penumpang pesawat itu.

Awalnya sempat beredar kabar bahwa sang pilot terkena serangan jantung. Tapi sore kemarin menjelang magrib, sudah diperoleh konfirmasi bahwa ia hanya sesak napas.

Begitupun, akibat peristiwa itu, pesawat harus mendarat darurat di Bandara Kualanamu, Deliserdang. Sedangkan para penumpang yang tertahan di Bandara Kualanamu dijanjikan akan diterbangkan ke Batam pada pukul 18.18 WIB.

 Sesuai prosedur
Pelaksana Tugas (Plt) Manajer Humas dan Protokoler Bandara Kualanamu, Deliserdang, Wisnu Budi Setianto yang ditanyai Serambi tadi malam mengatakan, pendaratan Lion Air di Bandara Kualanamu itu sudah sesuai prosedur. “Itu namanya diverted atau mendarat di bandara bukan tujuan,” kata Wisnu.

Diverted ini disebabkan alasan operasional dan pesawat diizinkan mendarat di bandara terdekat.

Namun, untuk kasus Lion Air JT 811, Wisnu belum mengetahui alasan mengapa harus diverted.  “Kalau betul ada yang sakit, pesawat harus mendarat ke bandara terdekat,” lanjutnya.

Wisnu mengatakan, informasi yang diterimanya masih simpang-siur antara kru pesawat atau justru penumpang yang sakit.

“Penumpang yang sempat menanti ruang tunggu bandara sudah ditangani pihak maskapai,” demikian Wisnu.

Sejauh ini, selain belum diperoleh nama pilot tersebut, Serambi juga belum memperoleh konfirmasi berapa jumlah penumpang dari Aceh yang hendak terbang ke Batam naik pewawat Lion Air JT 811 itu.(mad) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id