Tanpa Bunga Tanpa Jaminan, Ini Layanan Pinjaman Online Karya Mahasiswa Asal Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tanpa Bunga Tanpa Jaminan, Ini Layanan Pinjaman Online Karya Mahasiswa Asal Aceh

  • Reporter:
  • Senin, September 11, 2017
Tanpa Bunga Tanpa Jaminan, Ini Layanan Pinjaman Online Karya Mahasiswa Asal Aceh
Foto Tanpa Bunga Tanpa Jaminan, Ini Layanan Pinjaman Online Karya Mahasiswa Asal Aceh

URI.co.id, MEULABOH – Sejumlah pemuda dan mahasiswa asal Aceh yang tergabung dalam komunitas Internet Cerdas Indonesia (ICI) meluncurkan platfrom sosial bantusaudara.com.

Mereka menyebut ini merupakan layanan pinjaman online berbasis syariah, tanpa bunga dan tanpa jaminan.

“Calon peminjam hanya diminta mengupload photo jaminan virtual dan mengisi formulir online di website bantusaudara.com,” tulis Rahmat Saputra, pengagas bantusaudara.com dalam siaran pers kepada URI.co.id, Senin (11/9/2017).

(Baca: Basmi Riba dengan Infak dan Sedekah)

Ia menjelaskan, jaminan virtual adalah foto barang berupa gadget, kendaraan atau barang bernilai lainnya yang  bisa dijual ketika peminjam belum bisa mengembalikan dana pinjaman bila pinjaman telah jatuh tempo.

Layanan pinjaman online bantusaudara.com telah diluncurkan beberapa bulan lalu di Aceh Barat.

(Baca: Bukan Rokok, Anggota DPRA Sebut Riba dan Rentenir Penyebab Kemiskinan di Aceh)

Belakangan, komunitas ICI memperluas jaringannya sehingga layanan ini kini sudah dapat diakses oleh masyarakat di lima kabupaten di Aceh, yaitu Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya, Aceh Barat Daya (Abdya), dan Aceh Selatan.

“Perluasan akses layanan ini didorong oleh banyaknya permintaan masyarakat agar layanan ini tidak hanya bisa diakses oleh masyarakat di Aceh Barat, tapi juga di kabupaten lainnya di Aceh,” kata Rahmat.

Rahmat Saputra, pengagas bantusaudara.com ketika melakukan sosialisasi layanan pinjaman online di sebuah kafe di Meulaboh, Aceh Barat baru-baru ini.

Rahmat Saputra, pengagas bantusaudara.com ketika melakukan sosialisasi layanan pinjaman online di sebuah kafe di Meulaboh, Aceh Barat baru-baru ini. (IST)

Menurut dia, dana yang digunakan untuk dipinjamkan ini berasal dari para donatur yang bersedia menitipkan dananya untuk dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan, tanpa keuntungan dan tanpa imbalan.

Namun tim ICI berkomitmen untuk memastikan dana tersebut aman melalui sistem dan teknologi yang terus dikembangkan dan juga memiliki perjanjian (MoU) dengan para donatur untuk mengembalikan dana tersebut utuh 100% setelah sampai satu tahun. (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id