Dewan Minta Pengerukan Kolam Labuh Diprioritaskan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dewan Minta Pengerukan Kolam Labuh Diprioritaskan

Dewan Minta Pengerukan Kolam Labuh Diprioritaskan
Foto Dewan Minta Pengerukan Kolam Labuh Diprioritaskan

BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meminta pengerukan kolam labuh di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menjadi prioritas Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh. Kolam yang dangkal saat air surut menyebabkan kapal roro seperti KMP BRR sulit keluar-masuk pelabuhan, sehingga tidak jarang harus ditunda keberangkatannya untuk menunggu air pasang kembali.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPRA, Asrizal H Asnawi kepada Serambi, Minggu (10/9). Dia mengaku heran dengan Dishub yang terkesan ‘santai’ menanggapi pendangkalan kolam labuh Ulee Lheue. Padahal dengan intensitas lalu lintas laut Banda Aceh-Sabang yang tinggi, seharusnya pengerukan kolam harus disegerakan.

“Sabang itu masih bagian dari Aceh kok. Transportasi ke sana termasuk pengerukan kolam labuh harus menjadi prioritas,” ujar Asrizal. Selain pengerukan kolam labuh, lanjutnya, penambahan kapal roro yang telah diusulkan pihaknya beberapa waktu lalu juga belum terealisasi sampai sekarang.

Menurut Asrizal, Dishub saat ini lemah dalam menjalin komunikasi dan mengusulkan anggaran. Sehingga tak jarang informasi seperti pendangkalan kolam labuh justru didapatnya dari masyarakat. “Padahal kami dan Dishub sering menggelar rapat. Tapi permasalahan seperti ini justru tidak pernah disampaikan,” katanya, dan meminta Dishub jangan cuma fokus ke perhubungan darat saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, Drs Zulkarnain Msi saat dikonfirmasi kemarin mengatakan, pengerukan merupakan solusi terhadap kolam labuh yang sudah dangkal, tapi hal itu baru bisa dilakukan jika ada anggaran. Saat ditanya berapa anggarannya dan kapan bisa direalisasikan, Zulkarnain mengaku belum tahu. “Belum ada gambarannya berapa biaya yang dibutuhkan,” tukasnya.(fit) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id