Pidie Peroleh WTP Kedua Kali | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pidie Peroleh WTP Kedua Kali

Pidie Peroleh WTP Kedua Kali
Foto Pidie Peroleh WTP Kedua Kali

SIGLI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kedua kali secara berturut-turut dari Badan Pemekriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Aceh. WTP itu diberikan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016. Tiga daerah menerima WTP, yakni Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, dan Singkil.

Opini WTP itu diserahkan Ketua BPK-RI Perwakilan Aceh, Isman Rudy, diterima Bupati Pidie, Roni Ahmad atau yang akrab disapa Abusyik, di Kantor BPK-RI Perwakilan Aceh di Banda Aceh, Jumat (8/9). Turut disaksikan Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud ST dan Ketua DPRK Pidie, Muhammad AR. Ketua BPK-RI Perwakilan Aceh, Isman Rudy dalam sambutannya mengatakan, opini WTP diberikan oleh pemeriksa, yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan.

“BPK memberikan apresiasi kepada Kabupaten Pidie yangdapat mempertahankan opini WTP yang telah dicapai pada tahun sebelumnya. BPK berharap jangan berpuas diri dan terlena dengan opini WTP yang telah dicapai selama dua tahun terakhir ini.

Namun, sebaliknya opini WTP ini hendaknya menjadi motivasi dan tambahan semangat untuk terus memperbaiki berbagai kelemahan, guna mewujudkan tata kelola pemerintahan dan keuangan yang lebih baik.” ujar Isman Rudy.

Ketua DPRK Pidie, Muhammad AR, mengucapkan terimakasih kepada BPK RI Perwakilan Aceh, yang telah melaksanakan tugasnya secara maksimal melaksanakan pemeriksaan terhadap tata kelola keuangan daerah beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, untuk memperoleh predikat WTP tidaklah mudah karena adanya persyaratan yang harus dipenuhi dan diperhatikan sesuai dengan aturan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Juga Pemendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Aktual pada Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan dukungan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pidie, tahun ini kita kembali memperoleh penghargaan opini WTP,” terang Ketua DPRK Pidie dalam sambutannya.

“Ini berkat kerja keras semua SKPK di lingkungan Pemkab Pidie terhadap dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan Laporan Pemeriksaan Keuangan Daerah (LPKD) tahun 2016,” kata Muhammad AR. Ia menambahkan, WTP yang diraih itu menunjukkan tata kelola keuangan dan pemerintahan di tiga pemerintah kabupaten telah mengarah pada penerapan asas transparan, akuntabel, bersih, dan tertib administrasi.

“Kesuksesan ini menjadi motivasi bagi pemkab untuk lebih giat lagi mewujudkankesejahteraan masyarakat dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik di masa mendatang,” demikian Ketua DPRK Pidie, Muhammad AR. (adv) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id