Siang Ini, Tabliq Akbar untuk Rohingya di Islamic Center | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Siang Ini, Tabliq Akbar untuk Rohingya di Islamic Center

Siang Ini, Tabliq Akbar untuk Rohingya di Islamic Center
Foto Siang Ini, Tabliq Akbar untuk Rohingya di Islamic Center

LHOKSEUMAWE – Gabungan ormas Islam di Lhokseumawe dan Aceh Utara akan menggelar tabliq akbar untuk Rohingya di Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe, Senin (11/9) siang usai Shalat Zuhur.

Panitia Tabliq Akbar, Farhan Zuhri, kemarin, menyebutkan, ormas Islam yang sudah memastikan berpartisipasi sebanyak 73 organisasi yang ada di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Rangkaian acara, rincinya, usai Shalat Zuhur akan dimulai dengan seremonial pembukaan, lalu dilanjutkan tausiah dan doa yang dipimpin Tgk H M Yusuf A Wahab atau kerap disapa Ayah Sop Jeunib. “Saat tausiah juga berbarengan dengan pengumpulan dana bagi pengungsi Rohingya,” ujarnya.

Tausiah dijadwalkan akan berlangsung hingga jelang Shalat Ashar, yang kemudian dilanjutkan orasi serta pernyataan sikap bersama.

Menurut Farhan, panitia juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Lhokseumawe agar sebagian PNS dan juga siswa bisa diikutkan pada kegiatan solidaritas untuk muslim Rohingya ini.”Termasuk masyarakat umum yang ingin ikut berpartisipasi, dipersilahkan hadir,” harapnya.

Ditambahkan, untuk penggalangan dana dasarnya sudah dimulai sejak Minggu (10/9) pagi dengan membuka posko di Masjid Agung Islamic Center. “Berapapun dana yang terkumpul nantinya, kita akan berkoordinasi dengan lembaga resmi untuk menyalurkannya kepada pengungsi Rohingya,” demikian Farhan.

Sementara itu, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara pada Minggu (9/9), menggalang dana untuk disumbangkan kepada muslim Rohingya di kawasan Pantonlabu, kecamatan setempat. Selain itu, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lhokseumawe dan Aceh Utara, dan Front Pembela Islam (FPI) juga menggalang dana di jalan nasional.

“Penggalangan tadi dimulai dari toko di Pantonlabu kemudian ke jalan. Ini akan kita lakukan selama 10 hari ke depan. Pada 21 September nanti, dana tersebut akan disumbangkan ke Rohingya,” kata Ketua IPSM Tanah Jambo Aye, Akmal kepada Serambi, kemarin.(bah/jaf) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id