Tim Adipura Pantau 90 Lokasi di Banda Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tim Adipura Pantau 90 Lokasi di Banda Aceh

Foto Tim Adipura Pantau 90 Lokasi di Banda Aceh

BANDA ACEH – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menurunkan tim penilai Adipura ke Kota Banda Aceh mulai 22-24 Maret 2016. Tim tersebut beranggotakan 5 orang yang terdiri dari unsur KLHK, Bapedal Aceh, Akademisi, LSM, dan Pers. Perwakilan akademisi, Dr Fauzi Harun mengatakan, tim menilai sedikitnya 90 titik di Banda Aceh.

“Objek penilaian yaitu pemukiman penduduk, pasar, sekolah, kantor, rumah sakit, dan fasilitas publik lainnya. Dan yang tidak kalah penting adalah tempat pembuangan sampah akhir (TPA), karena memiliki bobot nilai yang tinggi,” ujar Dr Fauzi, Rabu (23/3) didampingi tim penilai lainnya, seusai meninjau TPA Gampong Jawa Banda Aceh, Kamis (24/3).

Menurutnya, penentuan lokasi yang dinilai dilakukan bersama dinas terkait. “Lokasi ditentukan oleh tim dan DK3 Banda Aceh yang menyebar dari kota hingga kecamatan. Penilaian yang dilakukan belum boleh dipublikasi, sebab sesama tim penilai pun masih berbeda persepsi,” kata dia, dan menyebut penyerahan piala Adipura dilakukan pada Juni 2016, bertepatan dengan Hari Lingkungan sedunia.

Saat ditanya tanggapannya soal TPA Gampong Jawa Banda Aceh, Dr Fauzi mengaku tempat penampungan sampah dan kotoran warga Banda Aceh itu dikelola baik. “Kesannya baik, namun hal tersebut belum final karena masih kami diskusikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DK3) Banda Aceh, Ir Jalaluddin MT mengatakan, pihaknya optimis meraih piala Adipura pada tahun 2016. “Kami telah melakukan sejumlah terobosan dalam bidang kebersihan seperti pengelolaan TPA secara baik dan bermanfaat bagi masyarakat, penataan taman kota dan fasilitas publik, serta meningkatkan kesadaran masyarakat lewat kampanye bebas kantong plastik,” kata dia.

Dia tambahkan, dengan kondisi Banda Aceh yang bersih dan teratur, kunjungan wisatawan akan meningkat dan perputaran ekonomi di kota itu jadi lebih baik. “Apalagi dengan adanya Adipura, kita mendapat pengakuan secara nasional sebagai kota yang bersih dan nyaman,” ujar Jalaluddin. (fit) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id