Anggota DPRA Tinjau SD Karang Rejo | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Anggota DPRA Tinjau SD Karang Rejo

Anggota DPRA Tinjau SD Karang Rejo
Foto Anggota DPRA Tinjau SD Karang Rejo

* Laksanakan Pemulihan Psikologi

REDELONG – Para murid Sekolah Dasar (SD) Karang Rejo, Kecamatan Bukit, Bener Meriah, sebagian masih trauma atas insiden lepasnya atap yang diterbangkan angin puting beliung. Anggota DPRA dari Komisi C, Bardan Sahidi yang berasal dari dataran tinggi Gayo melakukan trauma healing atau konseling untuk memulihkan psikologi para murid pada Sabtu (9/9).

Proses konseling mulai dari murid yang trauma berat, cemas, sedih atau juga yang biasa saja. Bardan juga ingin melihat langsung proses penanggulangan bencana yang melepaskan atap aula sekolah dari bangunannya pada Kamis (7/9) sore, termasuk konstruksi atap yang terbuat dari rangka baja ringan yang mulai digunakan masyarakat saat ini di kawasan pesisir.

Dia menjelaskan kunjungannya untuk meninjau SD yang terkena terjangan angin puting beliung, juga memberikan trauma healing bagi para murid, agar konsentrasi proses belajar mengajar tidak terganggu. “Yang terpenting, proses belajar tidak terganggu dan juga kemungkinan ada para murid yang mengalami trauma,” katanya.

Bardan menyatakan juga ingin melihat respon pemkab atas penanggulangan bencana, apakah bergerak cepat atau tidak, terutama bantuan. Dia menegaskan proses perbaikan bangunan SD yang rusak harus dipercepat, sehingga tidak akan mempengaruhi proses belajar dan kegiatan sekolah lainnya.

Anggota dewan satu ini juga membagikan buku-buku bagi para murid, yang juga bagian dari proses pemulihan psikologis, agar tidak trauma. Pembagian buku dilakukan melalui sebuah permainan atau tanya jawab dengan menerapkan permainan yang menyenangkan. Para murid terlihat antusias, seolah melupakan bencana angin puting beliung yang menerpa sekolah mereka.

“Tujuan utamanya trauma healing ini agar proses belajar tetap berjalan dan para murid tidak takut saat belajar di ruang kelas,” jelasnya. Dia juge memperhatikan material atap baja sekolah yang terhempas puting beliung yang terjadi pada Kamis (7/9), apakah sudah sesuai dengan mekanisme yang ada, memenuhi persyaratan atau tidak..

“Ternyata rangka baja yang dibuat tidak kokoh dan ini akan menjadi laporan kita ke provinsi,” sebutnya.

Dilansir sebelumnya, atap Sekolah Dasar (SD) Karang Rejo yang diterbangkan puting beliung terbuat dari rangka baja yang diduga tidak kuat menahan terpaan angin. Direncanakan, untuk kawasan rawan puting beliung tidak akan digunakan rangka baja lagi, tetapi diganti dengan bahan alam, kayu, baik untuk kuda-kuda maupun rangka atap.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bener Meriah, Drs Rayendra, Jumat (8/9) menjelaskan konstruksi rangka baja yang digunakan untuk atap SD Karang Rejo terlepas dari bangunan. “Kami akan mengembalikan konstruksi atap dari kayu dan penutupnya seng, sehingga lebih kokoh saat diterpa angin puting beliung,” klaimnya.

Dia menyatakan akan melakukan koordinasi dengan pihak konsultasn perencanaan terkait tidak kuatnya kontruksi atap SD Karang Rejo. Dikatakan, saat perbaikan nantinya, maka kayu menjadi solusi satu-satunya untuk atap sekolah itu.(c51) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id