UIN Harus Bertaraf Internasional | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

UIN Harus Bertaraf Internasional

UIN Harus Bertaraf Internasional
Foto UIN Harus Bertaraf Internasional

BANDA ACEH – Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia harus ada yang bertaraf Internasional, yakni memperoleh peringkat 500 besar universitas terbaik dunia. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof Dr Phil Kamaruddin Amin MA, saat memberikan kuliah umum di UIN Ar-Raniry, Jumat (8/9).

Menurut Kamaruddin, memimpin sebuah perguruan tinggi harus memiliki cita-cita besar, yakni harus masuk dalam 500 perguruan tinggi terbaik dunia, dan itu tidak harus menunggu 20 atau 50 tahun ke depan, harus dimulai dari sekarang.

“Untuk mencapai target tersebut, tentunya UIN harus memiliki fasilitas yang memadai, di antaranya fasilitas perpustakaan dengan buku-buku yang standar internasional, begitu juga dengan dosen harus update dengan perkembangan teknologi dan isu global, sehingga ilmu yang diajarkan berstandar internasional” ujarnya.

Selain itu, bagi tenaga pengajar di sebuah universitas juga harus bergaul dengan dosen-dosen lain dalam ruang lingkup internasional, ini akan membantu meningkatkan SDM civitas akademika di sebuah universitas. Yang paling penting adalah memiliki jurnal Internasional.

Ia kembali menegaskan, untuk mencapai standar Internasional maka kampus ini harus mendapatkan akreditasi A, hal ini yang selalu diingatkan pada pertemuan para pimpinan perguruan tinggi. Setelah terakreditasi A, maka pihaknya berjanji akan mengundang lembaga yang akan menilai untuk akreditasi Internasional.

“Mari kita merawat dan membangun perguruan tinggi ini dengan baik untuk kemajuan anak-anak dan generasi muda di masa mendatang,” papar Kamaruddin Amin. Kuliah umum tersebut, dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan UIN Ar-Raniry, Drs H Luthfi Aunie MA. Kegiatan itu dihadiri oleh Plt Kakanwik Kemenag Aceh, Drs H Asy’ari, Karo AUPK UIN Ar-Raniry, Drs Junaidi, para dekan dan wakil dekan, serta ketua prodi di Lingkungan UIN Ar-Raniry. (rel/mis) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id