Solidaritas Aceh untuk Rohingya Terbentuk | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Solidaritas Aceh untuk Rohingya Terbentuk

Solidaritas Aceh untuk Rohingya Terbentuk
Foto Solidaritas Aceh untuk Rohingya Terbentuk

BANDA ACEH – Puluhan anggota ormas/organisasi yang ada di Aceh menggelar pertemuan untuk membahas konflik Rohingya, Jumat (8/9) di aula gedung MPU Aceh. Dalam pertemuan itu terbentuk sebuah forum ‘Solidaritas Aceh untuk Rohingya (SAUR)’ yang diketuai oleh Tgk H Faisal Ali, yang juga Wakil Ketua MPU Aceh.

Tgk H Faisal Ali mengatakan, forum itu terbentuk karena kesamaan misi yaitu ingin membantu etnis Rohingya saat ini sedang dibantai oleh militer Myanmar. Sehingga para perwakilan ormas itu membicarakan langkah-langkah yang dapat diambil, serta membentuk SAUR sebagai wadah bersama.

“Kita akan berupaya agar suara kita ini akan sampai ke negara Islam, dalam waktu dekat ini akan pertemuan OKI, dan kita akan sampaikan suara masyarakat Aceh ini ke OKI, serta pemerintah kita,” ujar Tgk Faisal Ali kemarin.

Dalam waktu dekat, SAUR akan melakukan doa bersama untuk Rohingya serta melakukan penggalangan dana. SAUR untuk akan beraudiensi dengan Pemerintah Aceh untuk ikut bersama lembaga tersebut menyuarakan penderitaan Rohingya dan memberi bantuan.

Sedangkan untuk jangka panjang, SAUR juga berencana akan menggelar Konferensi Muslim Internasional. Dalam forum itu akan dicarikan solusi dan disatukan suara muslim dunia, agar permasalahan kekerasan terhadap rohingya tidak terus terjadi. “Dengan semangat ini ini ingin menuntaskan akar permasalahan itu, yaitu masyarakat Rohingya harus bisa kembali ke tempat kelahirannya,’ ujarnya.

Salah satu ide yang muncul dalam pertemuan itu, yaitu Aceh harus menyediakan pulau untuk pengungsi Rohingya. Ulama yang akrab disapa Lem Faisal itu mengatakan akan membutuhkan pembicaraan yang panjang untuk masalah itu, karena terkait masalah antarnegara dan butuh kajian yang mendalam, serta butuh turun tangan pemerintah.

Sementara Sekjen Bakomubin Aceh, Teuku Zulkhairi MA mengajak masyarakat Aceh agar mendoakan muslim Rohingya. Baik secara pribadi maupun bersama, serta Qunut Nazilah berjamaah di masjid, sekolah, dayah, hingga organisasi. “Ketertindasan Rohingya akibat kekejaman militer Myanmar merupakan ujian keimanan bagi umat Islam, termasuk bagi kita masyarakat Aceh. Apakah kita peduli dengan penderitaan mereka?,” ujarnya. Bakomubin juga menyeru masyarakat Aceh untuk melakukan aksi damai dan doa untuk Rohingya. (mun) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id