Harga Bawang dan Cabai Merangkak Naik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Harga Bawang dan Cabai Merangkak Naik

Foto Harga Bawang dan Cabai Merangkak Naik

BANDA ACEH – Harga sejumlah bumbu dapur di beberapa pasar di Banda Aceh mulai bergerak naik. Dilaporkan, kenaikan harga terjadi sejak seminggu terakhir. Rata-rata kenaikan sejumlah bumbu dapur itu Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per kilogramnya.

Seperti bawang merah minggu sebelumnya dijual pedagang Rp 38.000 per kilogram, dalam minggu ini pedagang menjual Rp 39.000 sekilo, begitu juga bawang putih sebelumnya Rp 35.000 per kilogram menjadi Rp 36.000 per kilogram. Selanjutnya cabai merah dari sebelumnya Rp 45.000 sekilo, sekaranng menjadi Rp 46.000 per kilogram.

Informasi ini diperoleh Serambi dari pedagang di kawasan Pasar Peunayong Banda Aceh, Yunus mengatakan, harga-harga tersebut naik karena tidak ada barang di tingkat distributor.

“Kabar yang kami dapat produksi cabai di Aceh kurang bagus, tanaman cabai ada yang terkena penyakit, akibatnya buah yang dihasilkan kurang bagus, ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak bagus,” sebutnya.

Selain itu, tambah pedagang lainnya Ismaeil, di kalangan agen pun, harganya sudah mulai tinggi, sehingga para pedagang menyesuaikan harga bumbu dapur tersebut untuk dijual ke masyarakat lain. Pihaknya juga tidak mendapatkan keuntungan yang banyak dari penjualan selama ini.

“Apalagi selama ini tingkat beli masyarakat berkurang, dan barang-barang ini tidak bisa disimpan lama karena cepat membusuk jika tidak laku,” tambahnya.

Menurut Ismail, sejumlah bumbu dapur tersebut diambil dari Takengon, Blangkejeuren, Kuta Fajar, Krueng Raya, Seulimum, dan Lamteuba, Aceh Besar. (avi) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id