Ombudsman Imbau Waspadai Pungli | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ombudsman Imbau Waspadai Pungli

Ombudsman Imbau Waspadai Pungli
Foto Ombudsman Imbau Waspadai Pungli

* Dalam Rekrutmen Pekerja

BANDA ACEH – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin Husein MH mengimbau masyarakat khususnya para pelamar kerja di Aceh untuk mewaspadai pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum tertentu. Menurutnya, saat ini marak penipuan mengatasnamakan panitia rekrutmen yang meminta uang puluhan juta rupiah kepada peserta dengan iming-iming akan meluluskan seleksi tersebut.

Menurut Taqwaddin dugaan pungli itu seperti dilaporkan seorang peserta rekrutmen Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) asal Aceh Tamiang kepada mereka. Peserta yang meminta namanya dirahasiakan itu mengaku nyaris tertipu akibat ulah oknum tersebut.

Menurut Taqwaddin, pria tersebut mengaku nyaris ditipu oleh pelaku yang meminta uang Rp 10 hingga 15 Juta agar diluluskan. Namun si peserta tidak bersedia dan melapor kejadian itu ke Ombudsman. “Setiap perbuatan pungli, baik peminta atau pemberi akan berhadapan dengan penegak hukum,” kata Taqwaddin yang juga Ketua Pokja Pencegahan Saber Pungli Aceh kepada Serambi, Rabu (6/9).

Ombudsman RI Perwakilan Aceh akan berkordinasi dengan Pemerintah Aceh, khususnya Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh untuk mengawasi oknum-oknum di berbagai instansi. “Silakan lapor jika ada pungli ke Ombudsman RI Perwakilan Aceh dengan sms ke nomor 08116722233. Atau laporkan ke Unit Saber Pungli di kabupaten/kota masing-masing,” jelasnya. (fit) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id