Seperti Buih | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Seperti Buih

Seperti Buih
Foto Seperti Buih

Oleh: Jarjani Usman

“Hampir tiba masanya kalian diperebutkan seperti sekumpulan pemangsa yang memperebutkan makanannya.” Lalu seseorang bertanya: ”Apakah karena sedikitnya jumlah kita?” ”Bahkan kalian banyak, namun kalian seperti buih mengapung. Dan Allah telah mencabut rasa gentar dari dada musuh kalian terhadap kalian. Dan Allah telah menanamkan dalam hati kalian penyakit Al-Wahan.” Seseorang bertanya: ”Ya Rasulullah, apakah Al-Wahan itu?” Nabi SAW bersabda: ”Cinta dunia dan takut akan kematian” (HR. Abu Dawud).

Demikianlah Rasulullah SAW mengibaratkan keadaan kita umat Islam suatu ketika. Seperti buih di lautan. Lemah tak berdaya, walaupun banyak jumlahnya. Bergerak kemana dihempas. Bila direnungi, itulah yang kita rasakan kini.

Hari ini umat Islam berada di antara himpitan sejumlah kekuatan besar, seperti kekuatan komunis dan Barat. Tak mudah bergerak, bahkan untuk membela diri sendiri. Untuk membela diri seringkali terpaksa meminta bantuan dari kekuatan-kekuatan besar tersebut. Kalaupun berusaha membela diri dengan segenap kekuatan yang ada, akan begitu saja dicap dengan label-label buruk.

Kita sudah terlalu cinta dunia sudah sangat jelas. Lihatlah bagaimana kita saling menghancurkan satu sama lain dalam bergelut untuk meraih harta duniawi. Korupsi begitu parah dilakukan di mana-mana dan bahkan dilakukan secara berjamaah oleh orang-orang yang disebut pemimpin dan orang-orang terhormat.

Narkoba pun sudah begitu merajalela diedarkan dan dikonsumsi, walaupun itu semua itu diketahui memperlemah dan bahkan telah menghancurleburkan mental dan fisik umat. Sebahagian orang menjadi pengedar, konsumen, pelindung, dan berbagai tugas lain.

Tak ada yang bisa mengubah keadaan kita yang sudah demikian terpuruk ini, kecuali diri kita sendiri seraya berharap kekuatan dari Allah. Kita harus memperbaiki diri dan umat dengan senantiasa membina ukhuwah dan menegakkan yang makruf dan mencegah setiap kemungkaran. (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id