Dayah Jeumala Amal Sembelih 41 Ekor Sapi Kurban | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dayah Jeumala Amal Sembelih 41 Ekor Sapi Kurban

Dayah Jeumala Amal Sembelih 41 Ekor Sapi Kurban
Foto Dayah Jeumala Amal Sembelih 41 Ekor Sapi Kurban

MEUREUDU- Dayah Jeumala Amal (DJA) Lueng Putu Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya, pada Idul Adha 1438 H tahun 2017 ini menyembelih 41 ekor ternak (33 sapi dan 8 ekor kambing). Prosesi penyembelihan berlangsung, Minggu (3/9) di komplek dayah putra.

Semua aging kurban disalurkan kepada 2.200 kepala keluarga (KK) kategori miskin serta fakir miskin dalam kecamatan tersebut. Ketua Panitia Kurban DJA, Bakhtiar Harun SPd, mengatakan, penyembelihan kurban di lembaga pendidikan agama itu, rutin dilakukan setiap tahun. Di usia DJA ke-32 tahun ini, terjadi peningkatan jumlah hewan kurban.

Sapi kurban, lanjut Bakhtiar, berasal dari para alumni, donatur serta dari pihak yayasan itu sendiri. Penerima daging kurban tahun ini berjumlah 2.200 kepala keluarga berasal dari 31 dari 34 gampong di Bandarbaru. Tiga gampong tahun ini tidak kebagian daging kurban karena pertimbangan letak desa itu sendiri teramat jauh dengan ibukota kecamatan. “Insya Allah dikesempatan lain kami upayakan agar mereka juga kebagian,” kata Bakhtiar.

Mantan Direktur DJA, Tgk H Anwar Yusuf MA, menyebutkan pelaksanaan kurban di DJA telah dilaksanakan sejak tahun 2005 lalu dan dari tahun ke tahun grafiknya meningkat tajam. Sebelum tahun 2005, DJA juga berkurban tapi menyerahkan hewan kurban ke desa tetangga. Penyerahan daging kurban dilakukan secara simbolis masing-masing oleh Direktur DJA Luengputu, Drs Tgk HM Daud Hasbi MAg, Wakil Direktur Bidang Pendidikan, Drs M Nurdin A Wahab serta Ketua Panitia Kurban, Bakhtiar Harun SPd. Tgk HM Daud Hasbi didampingi para pengurus inti DJA, dalam sambutan singkatnya, mengajak masyarakat untuk selalu beribadah serta berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar selalu melimpahkan rahmat dan karunia kepada umatnya serta tetap dalam lindungan- Nya.

“Semoga dimudahkan rezeki dan lempang dalam segala urusan. Kepada para alumni dan darmawan yang telah berkurban, semoga jiwanya juga tetap dalam keimanan kepada Allah”, ujarnya.Dengan wajah ceria warga beramairamai mendatangi lokasi pembagian daging kurban di komplek dayah. Beberapa warga secara terpisah mengatakan, mereka berterimakasih atas perhatian DJA yang menyalurkan daging kepada mereka. “Besar sekali perhatian orang di dayah ini terhadap kami warga miskin,” kata Nurmala (50), seorang ibu rumah tangga dari Gampong Jiemjiem.

Hal yang sama juga dilontarkan Tihawa, Ummi Salamah dan Nurul, ketiganya warga Masjid Lancok Luengputu. Seorang alumni DJA di Jakarta Timur yang dihubungi melalui telepon seluler membenarkan, ia bersama beberapa rekannya yang kini bermukim di sana setiap Idul Adha ikut berkurban di dayah tempat mereka menimba ilmu (maksudnya DJA, red). “Ya benar, kami di sini ikut berkurban di DJA Luengputu,” kata seorang alumni yang minta identitasnya tidak ditulis. (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id