Penting untuk Pengendara Mobil! Jangan Berhenti dalam Area Warna Merah di Persimpangan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Penting untuk Pengendara Mobil! Jangan Berhenti dalam Area Warna Merah di Persimpangan

Penting untuk Pengendara Mobil! Jangan Berhenti dalam Area Warna Merah di Persimpangan
Foto Penting untuk Pengendara Mobil! Jangan Berhenti dalam Area Warna Merah di Persimpangan

URI.co.id, BANDA ACEH – Saat ini di beberapa persimpangan dalam Kota Banda Aceh, yaitu pada area traffic light (lampu merah) sudah dibuat ruang henti khusus roda dua/sepeda motor (sepmor), yang diberi tanda cat merah.

Jika kamu pengendara mobil? Ingat, area dengan cat merah itu hanya dikhususkan untuk roda dua. Sehingga kamu dilarang berhenti di area tersebut.

Kabid Darat Dinas Perhubungan Aceh, Nizarli MT kepada URI.co.id, Senin (4/9/2017) mengatakan, saat ini ruang henti  roda dua itu sudah dibuat di Simpang Lima, Simpang Kodim, Simpang Jambo Tape, dan Simpang PKA Lampriet.

Baca: Pelanggar Lalu Lintas Disidang di Tempat

Namun masalahnya, saat ini masih banyak pengendara yang belum memahami maksud dari rambu-rambu tersebut. Sehingga banyak mobil yang tetap berhenti area khusus roda dua itu.

Ia menjelaskan, ruang henti khusus roda itu dibuat pada bagian depan, yaitu paling dekat dengan lampu lalu lintas dengan tanda khusus dicat warna merah dan terdapat logo sepeda motor.

Area itu hanya diperbolehkan untuk sepeda motor dan becak, sedangkan mobil harus berhenti di belakang area berwarna merah itu.

Tujuannya, agar memisahkan kendaraan roda dua dengan roda empat.

Baca: Pelanggar Lalu Lintas di Thailand Dihukum Mandikan Jenazah

Sehingga akan mengurai kesemrawutan saat lampu hijau dan menghindari saling bersenggolan antara sepeda motor dengan mobil.

“Dengan kita atur seperti itu, maka saat lampu hijau sepeda motor dapat bergerak terlebih dahulu, lalu disusul oleh mobil, karena dari hasil riset kita lihat dengan sistem seperti itu akan lebih cepat mengurai kendaraan saat lampu hijau,” ujar Nizarli. (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id