Ini Tujuh Pernyataan Sikap Masyarakat Aceh Peduli Rohingya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ini Tujuh Pernyataan Sikap Masyarakat Aceh Peduli Rohingya

Ini Tujuh Pernyataan Sikap Masyarakat Aceh Peduli Rohingya
Foto Ini Tujuh Pernyataan Sikap Masyarakat Aceh Peduli Rohingya

URI.co.id, BANDA ACEH – Aksi simpati Masyarakat Aceh Paduli Rohingya di Banda Aceh, Senin (4/9/2017) berlangsung tertib di bawah kawalan ketat pihak kepolisian.

Massa juga mendatangi vihara di Jalan T Panglima Polem, Peunayong, mereka juga menggelar aksi yang sama.

“Tujuan kita aksi di sini (Vihara), agar para pemuka agama juga berteriak seperti kita, juga mengecam aksi Myanmar terhadap etnis Rohingya sepeti yang kita lakukukan,” kata Koordinator Aksi, Michael Octaviano.

Dalam aksi itu, massa membagi-bagikan selebaran, terkait pernyataan sikap terkait kepedulian masyarakat Aceh kepada muslim Rohingya.

(Baca: Aung San Suu Kyi Tak Pantas Terima Nobel Perdamaian, Dia Tak Memperjuangkan Rohingya)

Berikut tujuh pernyataan sikap Masyarakat Aceh Peduli Rohingya.

1. Mengutuk keras militer dan sipil Myanmar untuk menghentikan kekerasan dan rezim genosida pada etnis Rohingya. Kami juga mendesak panitia nobel penghargaan kepada Aung San Suu Kyi agar mencabut penghargaan tersebut karena tak pantas.

2. Menuntut negara-negara ASEAN untuk menekan rezim militer Myanmar agar menghentikan praktik genosida terhadap etnis Rohingya. Kami mendesak agar status keanggotaan Myanmar di ASEAN dibekukan.

Sebagai sesama Negara ASEAN, pemerintah Myanmar seharusnya ikut bertanggungjawab untuk memberikan perlindungan yang sama bagi etnis Rohingya.

(Baca: Jokowi: Butuh Aksi Nyata Hentikan Kekerasan di Myanmar)

3. Mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk ikut menangani secara-sungguh sungguh mengambil alih tragedi kemanusiaan yang telah lama di Myanmar.

Sudah terbukti secara meyakinkan pemerintahan militer Myanmar tidak bersedia menghentikan prakteik genosida terhadap etnis Rohingya.

4. Mengajak para aktivis HAM dan Kemanusiaan di seluruh dunia, untuk memberikan perhatian serius terhadap kasus genosida etnis Rohingya sehigga tragedi ini bisa diakhiri.

(Baca: VIDEO – Kekerasan terhadap Muslim Rohingya, Pemimpin Dunia Mengutuk, Thailand Siap Tampung Pengungsi)

5. Mendesak Mahkamah Kejahatan Internasional (Internatinal Criminal Court ICC) untuk mengadili pihak-pihak yang bertanggungjawab atas praktikgenosida terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

6. Mendorong Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk menerima para pengungsi Rohingya untuk sementara waktu sambil melakukan langkah-langkah diplomatik yang lebih tegas terhadap Myanmar agar mereka menerima kembali dengan jaminan keamanan.

7. Usir Duta Besar Myanmar dan jangan lagi berada di Indonesia. (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id