Lagi, Pedagang Sesaki Halaman Masjid Raya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lagi, Pedagang Sesaki Halaman Masjid Raya

Lagi, Pedagang Sesaki Halaman Masjid Raya
Foto Lagi, Pedagang Sesaki Halaman Masjid Raya

BANDA ACEH – Sejumlah pedagang kaki lima, Minggu (3/9), kembali berjualan di halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, tepatnya di bawah payung elektrik. Meski sudah ada pamflet larangan berjualan, tapi pedagang tetap saja tak mematuhinya.

Amatan Serambi, sejak hari pertama Hari Raya Idul Adha sampai kemarin, pengunjung Masjid Raya meningkat drastis dari hari biasanya. Pengunjung sebagian besar warga dari beberapa kabupaten/kota yang ingin melihat lanscape terbaru Masjid Raya.

Banyaknya pengunjung ternyata dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima dan pedagang asongan untuk menjajakan dagangan di halaman Masjid Raya, terutama di bawah payung elektrik yang menjadi lokasi berkumpulnya pengunjung. Rata-rata pedagang tersebut menjual mulai dari aksesoris handphone, mainan anak-anak, jasa membuat inai, hingga makanan.

Petugas Sekretariat Masjid Raya Baiturrahman, Tgk Hamdan, kemarin, mengatakan, pihaknya sudah memasang banyak pamflet larangan berjualan di setiap sudut masjid. Namun, menurutnya, pedagang tidak mematuhi aturan tersebut.

Kemarin sore, tambah Hamdan, petugas masjid dibantu anggota Satpol PP sudah melakukan penertiban. Sehingga pedagang tersebut sudah keluar dari perkarangan masjid. “Untuk mengatasi kemacetan, kami juga meminta pengunjung memarkirkan kendaraan di basement masjid,” harap Tgk Hamdan.

Saat ini, menurut Tgk Hamdan, sudah ada petugas yang mengawasi supaya tidak ada lagi pedagang yang berjualan di perkarangan masjid dan pengunjung tak membuang sampah di lantai. Namun, tambahnya, karena jumlah petugas tidak sebanding dengan pedagang dan pengunjung, sehingga upaya penertiban yang dilakukan pihaknya belum maksimal.

“Petugas kita sudah mengawasi agar pedagang tidak masuk ke area payung Masjid Raya. Tapi, saat petugas shalat mereka langsung masuk. Karena jumlah petugas sangat terbatas, kita harap kesadaran pedagang agar tak berjualan di kompleks Masjid Raya,” pintanya.(mun) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id