Server Unimal Mulai Pulih | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Server Unimal Mulai Pulih

Server Unimal Mulai Pulih
Foto Server Unimal Mulai Pulih

* Pengisian KRS bisa Online

LHOKSEUMAWE – Akses server di Universitas Malikussaleh (Unimal) di kampus Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara pada Sabtu (2/9) mulai pulih kembali. Karena Pusat Komputer (Puskom) Unimal berupaya memperbaiki dan mencantolkan server utama itu ke server sementara di bawah Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Unimal.

Untuk diketahui, imbas Gedung Biro Rektor Unimal yang berada di Reuluet, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara pada Jumat (18/8) sekitar pukul 07.45 WIB dibakar eks honorernya, menyebabkan pelayanan secara online macer total, karena server ikut rusak. Tersangkanya adalah Safwandi (34), mantan tenaga honorer di kampus itu yang kecewa karena kontraknya tak lagi dipepanjang.

Kepala Humas Unimal, Masriadi kepada Serambi, Sabtu (2/9), menyebutkan, seluruh data digital yang berada dalam hardisk server Unimal yang terbakar itu berhasil diselamatkan. Artinya, data yang telah ter-upload, baik itu data mahasiswa dan dosen, seluruhnya aman. Sedangkan, untuk Sistem Informasi Akademik (SIA) saat ini dialihkan dengan menggunakan mesin server milik Jurusan Teknik Informatika.

“Dengan dihidupkannya server sementara itu, mahasiswa sudah bisa mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) secara online. Kami imbau agar mahasiswa yang sudah mengisi KRS manual, juga mengisi KRS online. Ini untuk memudahkan tim akademik memverifikasi data mata kuliah,” sebut Masriadi.

Bagi mahasiswa baru, kata Masriadi, diharapkan meminta bantuan operator internet di masing-masing jurusan untuk meminta akun dan password sistem akademik online. “Sehingga, mahasiswa baru juga bisa mengisi datanya ke sistem online Unimal,” sambung Masriadi.

Meski server sudah hidup, jelasnya, kapasitas server itu sangat terbatas. Jadi, disarankan mahasiswa mengisi KRS secepat mungkin. “Jika lalu lintas datanya padat, bisa jadi ada mahasiswa yang tidak bisa mengisi ke sistem online, harap bersabar dan silakan mengulang kembali,” terangnya.

Dipaparkan dia, kapasitas mesin server Jurusan Teknik Informatika sangat terbatas, sehingga tak bisa menampung lalu lintas pengisian data dalam jumlah besar pada waktu bersamaan. “Kondisi server yang dibakar itu sudah tak bisa digunakan lagi. Beruntung, back-up data yang dimiliki Unimal masih utuh. Data tersebut di-backup satu bulan sekali dan Alhamdulillah, hasilnya bagus,” pungkas Masriadi.

Rektor Unimal, Prof Apridar mengaku, sehari sebelum Idul Adha atau pada Kamis (31/8), dia bertemu dengan Dirjen Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi, Prof Ali Ghufron di Jakarta. Pada pertemuan itu, Dirjen menyebutkan Kemenristek Dikti akan memprioritaskan ploting anggaran untuk tahun 2018.

“Dalam pertemuan itu, Prof Ali berjanji akan memberikan perhatian khusus kepada Unimal dalam ploting anggaran sarana dan prasarana pembangunan Biro Rektor tahun 2018. Ini tentu kami apresiasi,” kata Prof Apridar.

Selain itu, upaya pemulihan pascakebakaran terus berlangsung. Apridar memastikan, pelayanan terhadap mahasiswa harus menjadi prioritas di semua unit kerja. “Semuanya, harus berjalan normal. Walau ruangan yang sekarang kurang nyaman, sempit dan panas, jangan sampai menjadikan itu alasan untuk tidak ada layanan maksimal. Saya tegaskan ke semua staf, layanan ke mahasiswa harus maksimal,” pungkasnya.(jaf) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id