Jembatan Kilangan-Kayu Mangkrak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jembatan Kilangan-Kayu Mangkrak

Jembatan Kilangan-Kayu Mangkrak
Foto Jembatan Kilangan-Kayu Mangkrak

* Anggaran yang Dikucurkan Minim

SINGKIL – Pembangunan jembatan penghubung Kilangan, Kecamatan Singkil-Kayu Menang, Kuala Baru hingga kini belum banyak mengalami kemajuan alias mangkrak. Kondisi ini diakibatkan alokasi anggaran untuk pembangunannya yang dinilai minin. Jembatan dengan panjang sekitar 350 meter itu sudah empat tahun dikerjakan, namun tiang pancangnya saja belum tuntas.

Berdasarkan pantauan Serambi, dari dua abutment jembatan yang dibutuhkan baru dibangun satu yang berada di sisi Desa Kilangan. Sedangkan pilar jembatan atau tiang pancang dari yang dibutuhkan enam, baru dua terpasang. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Aceh Singkil, Muzni, Sabtu (2/9) mengatakan apabila jembatan tersebut ingin segera selesai maka pembangunannya harus fokus dengan mengalokasikan anggaran lebih besar.

“Agar segera selesai, kami meminta Pemerintah Aceh, mengalokasikan anggaran lebih besar setiap tahunnya,” kata Muzni. Disebutkan pihaknya setiap tahun berupaya mengusulkan pembangunan jembatan Kilangan-Kayu Menang ke Pemerintah Aceh. Mengingat nilainya sangat besar, tidak memungkinkan menggunakan anggaran kabupaten. “Tahun ini juga usulan sudah kami disampaikan ke Banda Aceh,” jelas Muzni.

Pembangunan jembatan Kilangan-Kayu Menang, membutuhkan anggaran sekitar Rp 120 miliar. Selama empat tahun berjalan alokasi anggaran yang dikucurkan, sangat minim sehingga baru selesai satu abutment serta dua pilar. “Jika anggaran yang dikucurkan sedikit, sepuluh tahun lagi belum tentu jembatan selesai,” kata Edi, warga setempat.(de) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id