Dua Jamaah Haji Aceh Meninggal di Arafah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dua Jamaah Haji Aceh Meninggal di Arafah

Dua Jamaah Haji Aceh Meninggal di Arafah
Foto Dua Jamaah Haji Aceh Meninggal di Arafah

BANDA ACEH – Dua jamaah haji asal Aceh meninggal dunia di Tanah Suci. Fatimah Zohra Muhammad Amin (48) asal Aceh Besar, meninggal di Kilinik Kesehatan Haji Indonesia di Arafah. Sementara Khalijah binti Tukang Paneuk (72) yang berasal dari Aceh Selatan, meninggal dunia dalam perjalanan dari Arafah menuju Mina. Keduanya dimakamkan di Syara’i, Mekkah, Saudi Arabia.

Informasi ini disampaikan Kasubbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, H Rusli Lc kepada Serambi, Sabtu (2/9). Rusli mengatakan almarhumah Fatimah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 meninggal karena sakit, dengan diagnosa cardiovascular deases.

“Almarhumah meninggal di Klinik Kesehatan Haji Indonesia Arafah, hari Kamis, 31 Agustus 2017 pada pukul 15.17 waktu Arab Saudi,” sebutnya.

Sedangkan almarhumah Khalijah, meninggal dengan diagnosa cardiovascular deases. Jamaah yang tergabung dalam kloter 1 ini meninggal dalam bus saat perjalanan dari Muzdalifah ke Mina, Jumat (1/9), pukul 9.30 WAS. “Berdasarkan informasi yang kami peroleh, almarhumah Khalijah kelelahan dan tiba-tiba tanpa gejala beliau meninggal saat di bus dalam perjalanan dari Arafah menuju Mina,” tambahnya.

Meninggalnya dua jamaah haji tersebut, maka hingga saat ini sudah tercatat empat jamaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi.

Diberitakan sebelumnya, seorang jamaah asal Pidie kloter 10 yang meninggal dunia di pesawat saat dalam penerbangan menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (25/8). Jamaah tersebut bernama Muslimah binti H Ismail Yusuf (58) meninggal dalam pesawat, tepatnya satu jam sebelum landing di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Saat itu, almarhumah berencana ingin ke toilet, setelah berusaha bangun dari kursinya yang bersangkutan terduduk kembali dengan kondisi lemas. Kemudian dilakukan pengecekan oleh tim medis kloter ternyata tensi darah 70/60 mmHG. Tim medis langsung melakukan penanganan cepat dengan memberi obat dan juga memasang oksigen. Namun kondisi pasien terus memburuk hingga meninggal dunia.

Satu lagi jamaah asal Aceh yang meninggal saat menunaikan haji tahun ini adalah Nurhayati binti M Idris (41), jamaah asal Banda Aceh kloter 4. Almarhumah meninggal dunia di Rumah Sakit King Faisal, Mekkah, Sabtu (26/8), karena sakit diagnosa chronil renal failure, diabetes melitus type 2 dan hipertensi grd 2+.

Sementara itu, terkait dengan seorang JCH Aceh kloter 7 asal Bireuen, Usman Beuransyah Balee (68), yang dilaporkan hilang sejak Kamis, 24 Agustus 2017, Kasubbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, H Rusli Lc mengatakan, hingga saat ini belum diperoleh informasi terkait keberadaan jamaah tersebut.(una) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id