Tinggi, Kelahiran Melalui Operasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tinggi, Kelahiran Melalui Operasi

Tinggi, Kelahiran Melalui Operasi
Foto Tinggi, Kelahiran Melalui Operasi

* Ombudsman akan Minta Penjelasan RS

BANDA ACEH – Kelahiran bayi melalui proses operasi di Banda Aceh selama ini semakin dominan. Penyebabnya antara lain tindakan itu merupakan jalan pintas yang mudah dilakukan dokter, sekarang operasinya gratis, dan mengurangani rasa sakit bagi ibu yang melahirkan.

Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin Husein,

mengatakan, hal itu merupakan fenomena buruk di Aceh. Sebab, menurutnya, WHO hanya memberi toleransi 20 persen kelahiran melalui operasi dari total ibu yang melahirkan setiap tahun.

Tingginya angka operasi itu, menurut Taqwaddin, juga dilaporkan seseorang ke pihaknya. Pelapor itu menyatakan di lingkungan tempat tinggalnya kawasan Ulee Kareng ada tiga ibu melahirkan, semuanya melalui operasi. Demikian juga di kantor tempat pelapor itu bekerja, tiga ibu melahirkan dan semuanya harus dioperasi.

Diakuinya, tindakan operasi lebih dominan dilakukan di rumah sakit swasta dibanding rumah sakit pemerintah. “Untuk itu, kami akan meminta penjelasan direktur rumah sakit seperti yang dilaporkan warga tersebut. Instansi terkait juga harus turun tangan untuk menyelidiki masalah ini,” tegas Taqwaddin

dalam keterangan tertulis kepada Serambi, kemarin.

Pun demikian, Taqwaddin juga tak ‘mengharamkan’ operasi. Tapi, menurutnya, tindakan itu harus benar-benar menjadi langkah terakhir untuk menyelamatkan ibu dan bayi. “Dokter juga harus menjelaskan alasan operasi pada pasien, sehingga tidak terkesan menakut-nakuti seperti yang dilaporkan warga ke kami,” ungkap Taqwaddin.(mis) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id