Harus Diteliti Kembali | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Harus Diteliti Kembali

Harus Diteliti Kembali
Foto Harus Diteliti Kembali

KEPALA Departemen Obgyn FK Unsyiah, Dr dr Mohd Andalas mengatakan, berdasarkan aturan dewan pertimbangan perkumpulan obstetri dan ginekologi Indonesia (POGI), operasi cesar dibenarkan atas permintaan pasien, dengan syarat dokter menjelaskan segala risiko komplikasi dari operasi terlebih dulu.

Masalahnya sekarang, kata Andalas, apakah dokter menyampaikan hal tersebut dengan jelas kepada pasien atau tidak. Ia juga tak memungkiri bahwa operasi sampai saat ini masih menuai pro kontra karena dianggap melawan kodrat Ilaihi.

“Soal pertanyaan mengapa kelahiran melalui operasi terlalu tinggi, saya kira perlu diteliti apakah isu itu benar atau tidak. Kalau ini benar, maka beban kerja lanjutan bagi dokter ahli jadi tinggi. Sebab, bidan tidak dibenarkan menolong persalinan ibu hamil dengan riwayat operasi,” ujar Andalas.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Aceh, Syahbandi yang ditanyai Serambi, tak membantah tingginya angka operasi. Justru, menurut Syahbandi, karena sekarang operasinya gratis, terkadang pasien sendiri yang meminta jalan pintas itu. Ia berharap ibu-ibu tak menjalani operasi saat melahirkan, kecuali atas petunjuk dokter, itu pun jika tidak ada jalan lain untuk menyelamatkan ibu dan bayi.(mis) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id