Sudah Dua Minggu Kapal Ferry tak Berlayar di Labuhan Haji | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sudah Dua Minggu Kapal Ferry tak Berlayar di Labuhan Haji

Foto Sudah Dua Minggu Kapal Ferry tak Berlayar di Labuhan Haji

aceh.Uri.co.id, TAPAKTUAN – Sudah dua Minggu PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menghentikan operasional pengangkutan orang dan barang rute Labuhan Haji – Sinabang.

Informasi yang diterima aceh.Uri.co.id, penghentian itu akibat pihak Syahbamdar belum mengeluarkan izin operasi pasca terjadinya kerusakan ujung dermaga Pelabuhan Penyeberangan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan. 

“Sudah dua Minggu Kapal Penumpang rute Simeulu – Labuhan Haji tidak merapat di Pelabuhan Penyeberangan Labuhan Haji. Masyarakat sangat berharap pelabuhan kita bisa beroperasi kembali,” kata tokoh masyarakat Labuhan Haji, Azmir SH kepada aceh.Uri.co.id, Rabu (23/3/2016) sore.

Tak hanya itu, para pedagang yang hendak membawa dagangannya ke Simeulu juga harus mengeluarkan biaya yang lebih besar karena harus melalui Pelabuhan Penyeberangan Aceh Singkil.

“Demikian juga dengan penumpang, mereka harus mengeluarkan biaya transportasi lebih besar, karena harus berangkat lagi ke Aceh Singkil,” ungkap mantan anggota DPRK Aceh Selatan ini menanggapi keluhan dan harapan masyarakat pengguna jasa transportasi laut dan masyarakat pedagang di Labuhan Haji.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Aceh Selatan, Hamzah SH MH yang dikonfirmasi membenarkan bahwa kapal feri tujuan Simeulu belum merapat ke pelabuhan penyeber Labuhan Haji.

“Padahal kerusakan di ujung dermaga itu sudah kami perbaiki. Pihak Syahbandar beralasan pembangunan tanggul breakwater di kawasan pelabuhan mengganggu kapal untuk merapat. Kalau itu alasannya seharusnya pihak Syahbandar menyurati Bupati Aceh Selatan agar direvisi kembali posisi breakwater tersebut,” ungkapnya.

Hingga Kamis (24/3/2016) aktivitas di pelabuhan Labuhan Haji, Aceh Selatan terlihat sepi. (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id