PLN Siap Sediakan Listrik untuk Pabrik Semen Baru | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PLN Siap Sediakan Listrik untuk Pabrik Semen Baru

  • Reporter:
  • Kamis, Maret 24, 2016
Foto PLN Siap Sediakan Listrik untuk Pabrik Semen Baru

aceh.Uri.co.id, BANDA ACEH – General Manager PLN Wilayah Aceh, Ir Bob Saril MEng, MSc menyatakan, PLN Aceh mampu dan siap untuk menyediakan daya listrik yang diperlukan guna menunjang operasional pabrik semen baru yang akan dibangun PT Semen Indonesia Holding di Laweung, Pidie.

Pabrik tersebut akan dimulai peletakan batu pertama (groundbreaking)-nya pada akhir April 2016.

“Kita siap untuk melayaninya. Kecukupan daya kita masih memadai secara daya terpasang dan akan ditambah lagi beberapa pembangkitan, misalnya, PLTA Peusangan 84 MW COD pada awal tahun 2018,” kata Bob Saril kepada aceh.Uri.co.id di Banda Aceh, Kamis (24/3/2016) siang.

Ia juga menyebutkan salah satu keandalan dari pasokan listrik di Aceh, yakni terhubung dengan sistem Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Selain itu, kata Bob Saril, Aceh punya pembangkit Arun extension berkapasitas 250 Megawatt (MW) yang akan commercial operation date (COD) atau tanggal beroperasi secara komersial pada akhir 2017.

“Pabrik semen itu mulai berproduksi tahun 2020 yang kebutuhan daya hingga 60 MW. Secara jaringan kita juga siap, karena lokasi pabrik semen itu nantinya tidak berjauhan dengan Transmisi 150 KV kita. Ya, kira-kira 3 kilometer,” sebut Bob Saril.

Menurutnya, PLN Wilayah Aceh membutuhkan waktu dua tahun untuk membangun gardu induk (GI) dan transmisi 150 KV setelah proses administrasi lengkap.

Menurutnya, tambahan untuk pembangunan pembangkitan 35 GW, Aceh akan memiliki independent power producer (pembangkit swasta) PLTU Batubara 2 x 200 MW di Nagan raya (Nagan 3 & 4) yang akan COD tahun 2020.

Pendeknya, kata Bob Saril, energi listrik di Aceh akan melimpah. “Nah, apakah bisa digunakan di Aceh atau Aceh hanya sebagai tempat produksi saja?” Bob balik bertanya. (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id