Mapesa Rilis Foto-foto Penemuan Nisan Saat Penggalian Kolam Limbah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Mapesa Rilis Foto-foto Penemuan Nisan Saat Penggalian Kolam Limbah

Mapesa Rilis Foto-foto Penemuan Nisan Saat Penggalian Kolam Limbah
Foto Mapesa Rilis Foto-foto Penemuan Nisan Saat Penggalian Kolam Limbah

URI.co.id, BANDA ACEH – Kisruh mega proyek pengolahan sampah dan tinja dengan nama Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di Gampong Pande – Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja Banda Aceh, ternyata telah berlangsung lama.

Para aktivis Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) telah sekian lama melakukan aksi penolakan terhadap proyek yang dianggap menggerus bukti-bukti sejarah Kerajaan Aceh Darussalam ini.

(Baca: PENGANTAR Lipsus Proyek Tinja di Makam Ulama)

Beberapa jam setelah URI.co.id menurunkan liputan khusus dengan topik “Proyek Tinja di Makam Ulama”, para aktivis Mapesa langsung merilis belasan foto yang memperlihatkan ketika makam-makam milik para ulama dan raja Aceh itu bermunculan saat penggalian kolam limbah.

Adalah aktivis Mapesa, Mizuar Mahdi Al-Asyi yang mengunggah belasan foto dimaksud di laman Facebooknya, Selasa (29/8/2017) pukul 22.21 WIB.

Pada kolom keterangan, Mizuar menulis bahwa foto-foto itu diambil pada saat mereka melakukan survei pada sebuah situs pemakaman zaman kesultanan Aceh Darussalam abad 17 – 18 Masehi, di lokasi proyek IPAL, di Gampong Pande – Gampong Jawa, Kota Banda Aceh.

“Dalam survei yang dilakukan oleh Tim MAPESA “MASYARAKAT PEDULI SEJARAH ACEH” pada 11 Februari 2017 yang lalu, nisan-nisan tersebut masih berada pada lokasi asalnya,” tulis Mizuar.

Kemudian, salah satu anggota tim Mapesa memasang tali pembatas di sekeliling kompleks makam itu, sebagai tanda agar nisan-nisan dan makam tersebut tidak diganggu.

(Baca: ARSIP – Gampong Pande, di Sini Kuta Raja Bermula)

Namun apa boleh dikata, berselang beberapa bulan kemudian pihak Mapesa mendapat kabar bahwa nisan tersebut sudah dipindahkan dari asalnya.

 “Dan bekas makam awalnya dijadikan kolam untuk penampungan limbah,” tulis Mizuar.

Berikut sebagian dari foto-foto yang dirilis Mizuar Mahdi Al-Asyi, aktivis Mapesa.

Lokasi penggalian salah satu kolam IPAL. Foto direkam aktivis Mapesa pada tanggal 11 Februari 2017

Lokasi penggalian salah satu kolam IPAL. Foto direkam aktivis Mapesa pada tanggal 11 Februari 2017 (MAPESA)
Aktivis Mapesa memasang tali pembatas di kompleks makam ulama dan bangsawan Kesultanan Aceh Darussalam

Aktivis Mapesa memasang tali pembatas di kompleks makam ulama dan bangsawan Kesultanan Aceh Darussalam (MAPESA)

Tim Mapesa ketika melakukan survei terhadap nisan dan makam masa Kerajaan Aceh, di lokasi penggalian salah satu kolam IPAL, 11 Februari 2017.

Tim Mapesa ketika melakukan survei terhadap nisan dan makam masa Kerajaan Aceh, di lokasi penggalian salah satu kolam IPAL, 11 Februari 2017. (MAPESA)

Salah satu nisan yang tercabut saat penggalian kolam IPAL

Salah satu nisan yang tercabut saat penggalian kolam IPAL (MAPESA)

Tim Mapesa ketika melakukan survei terhadap nisan dan makam masa Kerajaan Aceh, di lokasi penggalian salah satu kolam IPAL, 11 Februari 2017.

Tim Mapesa ketika melakukan survei terhadap nisan dan makam masa Kerajaan Aceh, di lokasi penggalian salah satu kolam IPAL, 11 Februari 2017. (MAPESA) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id