BRI Se-Aceh Tuntas Salur Bansos PKH | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BRI Se-Aceh Tuntas Salur Bansos PKH

BRI Se-Aceh Tuntas Salur Bansos PKH
Foto BRI Se-Aceh Tuntas Salur Bansos PKH

* Rp 73 Miliar untuk 145.973 Keluarga

BANDA ACEH – Pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) se-Aceh sudah tuntas menyalurkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) Rp 73 miliar untuk 145.973 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Aceh. Penyaluran bansos nontunai tahap I, II, dan III dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) BRI sudah disalur sejak Juni, Juli, dan Agustus 2017.

Pemimpin Wilayah BRI Banda Aceh, Dedy Iskandar P menyampaikan hal ini kepada Serambi, Selasa (29/8). Menurutnya, batas penyaluran KKS BRI yang masuk dalam program “Agustus Tuntas” ini akan berakhir besok, Kamis (31/8).

“Sebetulnya yang sudah tuntas kita salurkan hingga hari ini (kemarin-red) 99,8 persen. Namun, sisa sekitar 0,2 persen lagi, KKS itu belum kita terima dan itu tak masuk dalam ‘Agustus Tuntas’ sehingga bisa disalurkan setelah Agustus,” kata Dedy.

Dedy menyebutkan penyaluran bansos nontunai ini didukung sebelas Kantor Cabang BRI se-Aceh, 15 Kantor Cabang Pembantu, 141 BRI Unit, dan dibantu 3.076 agen BRILINK yang tersebar se-Aceh hingga ke pelosok desa. Setiap KKS BRI yang diterima KPM ini sudah diisi saldo oleh BRI masing-masing Rp 500 ribu/KPM/tahap.

“Jadi penerima KKS BRI itu bisa mencairkan uang tersebut di ATM BRI, Bank BRI, dan agen BRILINK. Namun, kita imbau, jika belum membutuhkan tak perlu mencairkan, melainkan tetap dalam buku Tabunganku program tersebut, bahkan uang lain juga bisa ditabung dalam tabungan tersebut,” jelasnya.

Menurut Dedy, jika penerima bisa meningkatkan tabungannya, maka hal ini sesuai harapan Presiden Joko Widodo. Bahwa melalui program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan, mengentaskan kemiskinan, serta meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat.

Adapun program ini kerja sama BRI dengan Pemerintah Pusat yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) RI dengan PT BRI (Persero) Tbk tentang Penyaluran Bantuan Sosial Nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2017.

“BRI senantiasa mendukung keberhasilan program pemerintah dengan menggunakan platform keuangan digital yang dapat membuat bansos lebih tepat guna dan sasaran. BRI juga bekerja sama Pemerintah Provinsi, Pemkab, dan Pemko untuk menyukseskan program ini dengan selalu meningkatkan koordinasi dan pendampingan dari dinas terkait,” jelasnya.

Ditanya mengenai kriteria Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Nontunai PKH ini, Dedy Iskandar mengaku tak tahu karena hal itu ditentukan atau kewenangan Kemensos RI. Datanya diperoleh dari tingkat desa ke kecamatan, kemudian ke kabupaten/kota. Selanjutnya ke Pemprov di bawah Dinas Sosial hingga terakhir ke Kemensos.

Namun sepengetahuannya, kata Dedy, KPM yang sudah menerima tahap pertama, ada yang kembali menerima tahap kedua, dan ada yang tidak atau berganti orang lain. “Teknisnya kami tak tahu. Kami hanya menerima KKS, kemudian mengisi saldo untuk selanjutnya dibagikan kepada yang berhak,” demikian Dedy Iskandar. (sal) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id