Tingkatkan Sosialisasi Konversi ke Syariah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tingkatkan Sosialisasi Konversi ke Syariah

Foto Tingkatkan Sosialisasi Konversi ke Syariah

BUPATI Aceh Barat, HT Alaidinsyah mengatakan dirinya sangat mendukung konversi Bank Aceh sepenuhnya dari konvensional ke syariah. Hal ini seperti sudah disepakati para bupati/wali kota se-Aceh selaku pemegang saham dengan Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah sebagai pemegan saham utama dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) Bank Aceh pada 2015.

Namun, bupati yang akrab disapa H Tito ini, menyarankan agar pihak Bank Aceh meningkatkan sosialisasi ke masyarakat tentang konversi yang rencananya diwujudkan pada Agustus 2016 itu. Pasalnya, kata Bupati Tito, ketika nanti bank ini sudah jadi dikonversi, masyarakat sudah mengetahui dampak baiknya Bank Aceh Syariah di daerah ini sesuai penerapan syariat Islam.

Selain itu, menurut Tito, dengan sosialisasi itu, masyarakat, khususnya nasabah nanti juga sudah mengetahui, sebut saja kekurangan Bank Aceh Syariah lantaran selama ini nasabah sudah dimanjakan dengan sistem bank konvensional, meski masih berbalut riba. “Banyak masyarakat di Aceh Barat belum mengetahui sepenuhnya tentang konversi ini. Karena itu, pihak Bank Aceh perlu meningkatkan sosialisasi,” kata Bupati, Rabu (23/3).

Bupati menyebutkan salah satu contoh pemanjaan nasabah bank konvensioanl, terutama nasabah besar, termasuk di Bank Aceh konvensional selama ini adalah pengundian berbagai hadiah menarik, termasuk mobil mewah, emas, dan lain-lain melalui berbagai program gebyar.

“Tentu nanti dengan konversi ke syariah, gebyar-gebyar seperti itu tak bisa lagi dilakukan seleluasa sekarang karena semua pembagiannya harus berbentuk bagi hasil. Hal-hal seperti ini saya kira masyarakat harus mengetahui betul. Jangan nanti kita umat muslim hanya karena mengejar keuntungan besar tanpa mempertimbangkan hukum Islam, sehingga tak memilih bank syariah, khususnya Bank Aceh,” sarannya.

H Tito kembali menegaskan baik dalam kapasitasnya sebagai bupati selaku salah satu pemegang saham, maupun sebagai umat muslim di Aceh, dirinya sangat mendukung konversi bank ini ke syariah. Tetapi, syaratnya harus ada peningkatan sosialisasi itu. Menurutnya, hal ini semua untuk memperjelas sistem keuangan masyarakat Aceh sesuai hukum Islam melalui pembagian bagi hasil, bukan dengan sistem bunga. (*) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id