Desa Leukeun Dicanangkan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Desa Leukeun Dicanangkan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Desa Leukeun Dicanangkan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Foto Desa Leukeun Dicanangkan Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Aceh Barat – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh mencanangkan Desa Leukeun sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kantor Geuchik (Kepala Desa) Leukeun Kecamatan Samatiga, Senin (28/8). Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh, Husaini mengatakan, pencanangan Desa Leukeun sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan ini dilakukan karena banyak masyarakat sebagai pekerja, terutama sektor bukan penerima upah (BPU).

“Desa Leukeun terpilih, karena memiliki banyak potensi pekerja di bidang informal khususnya petani untuk dapat terakusisi sebagai peserta Bukan Penerima Upah (BPU),” katanya di sela kegiatan tersebut.

Ia juga menambahkan setidaknya terdapat sekitar 300 warga yang bekerja di sektor bukan penerima upah yang sebagian besar adalah petani. Sementara untuk satuan perangkat Desa yang telah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan mulai dari kepala desa, sekretaris desa, staf adalah sejumlah 3984 orang dari 281 Desa di Kabupaten Aceh Barat Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Leukun, Indarus menyampaikan terimakasih atas apresiasi yang diterima Desa Leukeun sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan BPJS Ketenagakerjaan Meulaboh.

Ia juga menambahkan bahwa prestasi ini tidak lepas dari dukungan seluruh warga atas jaminan sosial untuk para pekerja terutama didesanya. “Kami sangat mendukung kegiatan ini karena bisa membantu masyarakat agar terlindungi dalam menjalankan aktivitas kerjanya seharihari,” ungkapnya. Indarus juga mengatakan untuk petani dan seluruh warga yang masih bekerja di usia produktif akan segera didaftarkan dan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan, mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh desa-desa yang lain supaya lebih sadar tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kegiatan yang samamelalui sambutannya mewakili Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Teuku Erwansyah selaku Staf Ahli Bupati mengatakan bahwa kehadiran BPJS Ketenagakerjaan sebagai Pelaksana Jaminan Sosial di tengah masyarakat adalah wujud nyata pemerintah dalam erealisasikan ita-cita dasar negara yang tertuang dalam UUD 1945 alinea ke empat yaitu melindungi segenap bangsa indonesia dan tumpah darah indonesia.

“Semoga dengan semangat dan kesadaran bersama kita wujudkan masyarakat yang sejahtera dan terlindungi khususnya di Kabupaten Aceh Barat sendiri terlebih dahulu,” Ungkapnya. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan klaim secara simbolisSantunan Jaminan Kematian masingmasing sebesar Rp 24jt kepada Ahli Waris Keluarga Alm M.Diyan dan Alm Murhaban yang merukan Aparatur Desa Rambong Pinto Woyla Timur dan Desa Cot Lampise Samatiga (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id