Melawan Kikir | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Melawan Kikir

Melawan Kikir
Foto Melawan Kikir

Oleh: Jarjani Usman

“Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba’: 39).

Kikir yang membelenggu seseorang hamba seringkali disebabkan oleh kesalahan berpikir sendiri. Karena salah berpikir, banyak orang menjadi kikir untuk mengorbankan sebahagian hartanya untuk membantu orang-orang yang sedang membutuhkan. Sebahagian orang berpikir bahwa harta yang dikeluarkan akan mengurangi harta yang telah diraih dengan susah payah, sehingga mengalami kerugian secara kuantitas. Pikiran yang seperti ini harus dilawan karena sesungguhnya tidaklah demikian.

Allah telah menerangkan bahwa harta yang diberikan kepada seseorang sama halnya dengan meminjamkan kepada Allah, dan dijamin akan dikembalikan baik dalam bentuk pahala maupun dengan harta yang lain. Dalam Alquran disebutkan: “Barangsiapa memberi pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan melipatgandakan balasan pinjaman itu untuknya dan dia akan memperoleh pahala yang banyak” (QS. Al Hadid: 11). Juga disebutkan: “Jika kalian meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipatgandakan (pembalasannya) kepada kalian dan mengampuni kalian. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun” (QS. at-Taghabun: 17).

Karena itu, pola pikir kita perlu diubah dengan melihat kesempatan membantu orang dengan harta, tenaga atau pikiran sebagai suatu kesempatan untuk meminjam sesuatu yang baik. Sebaliknya kikir perlu difahami sebagai penyakit yang merugikan diri sendiri. Dalam Alquran juga disebutkan: “Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung” (QS. at-Taghabun: 16). (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id