Shalat Idul Adha Kali Ini bukan di Masjid Raya, Ini Khatibnya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Shalat Idul Adha Kali Ini bukan di Masjid Raya, Ini Khatibnya

Shalat Idul Adha Kali Ini bukan di Masjid Raya, Ini Khatibnya
Foto Shalat Idul Adha Kali Ini bukan di Masjid Raya, Ini Khatibnya

URI.co.id, BANDA ACEH – Panitia Penyelenggara Peringatan Hari-hari Besar Islam (P3HBI) Provinsi Aceh pada 23 Agustus lalu telah menetapkan tata laksana shalat Idul Adha (Id) pada 10 Zulhijjah 1438 Hijriah yang bertepatan dengan 1 September 2017.

Pertama ditetapkan bahwa shalat Id dilaksanakan di Blangpadang, Banda Aceh, bukan di Masjid Raya Baiturrahman (MRB).

“Sudah disepakati bersama dalam rapat P3HBI bahwa lokasi shalat Idul Adha tahun ini kita laksanakan di Lapangan Blangpadang, mengingat shalat Idul Fitri yang lalu kita laksanakan di Masjid Raya Baiturrahman. Ya, gantian tempatlah,” kata Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat (Isra) Setda Aceh, Ir Sulaiman Aw kepada URI.co.id di Banda Aceh, Senin (28/8/2017).

Baca: Muzammil Imam Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Falah Sigli

Akan tetapi, lanjut Sulaiman, jika pada malam atau pagi menjelang pelaksanaan shalat Id turun hujan lebat, maka shalat Id otomatis dialihkan ke MRB Banda Aceh.

Hal lain yang juga sudah ditetapkan P3HBI Aceh adalah khatib shalat Id, yakni Drs Tgk Harmen Nuriqmar SS, Pimpinan Pesantren Serambi Mekkah di Aceh Barat.

Ia juga menantu dari Abuya Nasir Waly dan pernah menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Partai Bintang Reformasi (PBR).

Tgk Harmen akan menyampaikan khutbah berjudul Kehidupan Absolut.

Sedangkan yang bertindak sebagai imam pada shalat Id kali ini adalah Drs Tgk H Ridwan Johan, salah satu imam MRB Banda Aceh.

Baca: Hasballah Thaib Khatib Shalat Id di Blangpadang

Sulaiman mengingatkan bahwa pada Kamis, 31 Agustus pukul 20.00 WIB akan dilaksanakan pawai takbiran yang dilepas oleh Gubernur Aceh dari halaman MRB Banda Aceh.

Untuk itu, peserta takbiran diminta berkumpul di MRB yang dimulai dengan shalat Isya berjamaah. (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id