PT Semen Indonesia Ekspansi ke Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PT Semen Indonesia Ekspansi ke Aceh

Foto PT Semen Indonesia Ekspansi ke Aceh

SIGLI – Direktur Utama PT Semen Indonesia (SI), Ir Suparni, Rabu (23/3) mengunjungi Pidie untuk bersilaturrahmi dengan Wakil Bupati Pidie, M Iriawan SE, Rabu (23/3). Kunjungan ini untuk memastikan kelancaran proses awal pendirian pabrik semen di Pidie, sebagai bentuk ekspansi pabrik semen baru di Aceh.

“Pendirian PT Semen Indonesia Aceh ini sebagai bentuk ekspansi pabrik semen baru. Wilayah jangkauannya meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau,” ujarnya.

Lokasi pendirian pabrik, yakni di lahan seluas 1.500 hektare di Gampong Kulee, Kecamatan Batee, dan Gampong Cot, Kecamatan Muara Tiga, Pidie. Ground breaking (seremonial penggalian tanah) rencananya akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 30 April 2016. “Pabrik semen ini akan dibangun dengan teknologi ramah lingkungan. Tidak berasap dan efisien,” kata Direktur Utama PT SI, Ir Suparni seusai silaturrahmi di pendopo Wakil Bupati Pidie, Rabu (23/3).

Dia menyebutkan, sebelumnya, pada 17 Maret 2016, PT Semen Indonesia bersama PT Samana Citra Agung menandatangani perjanjian pembentukan perusahaan patungan atau joint venture company, yang bergerak di bidang produksi semen. “Perusahaan joint venture ini bernama PT Semen Indonesia Aceh, dan akan membangun pabrik semen di Pidie dengan kapasitas 3 juta ton semen per tahun,” jelasnya.

PT Semen Indonesia Aceh ini didirikan dengan perkiraan investasi sekitar Rp 5 triliun. Sedangkan proyeknya akan mulai berjalan tahun ini dengan target mulai beroperasi tahun 2020. “Untuk kelancaran rencana ini, kami akan berkomunikasi dengan masyarakat, untuk menyosialisasi program kami,” tuturnya.

Ia berharap keikhlasan warga Batee dan Muara Tiga dalam menerima kehadiran pabrik semen ini. “Kami akan menghargai apa yang menjadi keinginan masyarakat. Mohon kami diterima sebagai sahabat,” pintanya.

Wakil Bupati Pidie, M Iriawan SE saat menerima kunjungan Dirut PT Semen Indonesia dan rombongan, mengatakan mendukung penuh rencana pembangunan pabrik semen di Batee dan Muara Tiga.

“Kami siap membantu berbagai keperluan yang dibutuhkan agar pembangunan pabrik semen dapat segera terwujud di Kabupaten Pidie ini,” tutur M Iriawan pada pertemuan itu, didampingi unsur muspida Pidie lainnya, yakni Kapolres Pidie AKBP Muhajir SIK MH, Dandim 0102 Pidie Letkol Inf Usik S Parana, dan Kajari Sigli Rachmat Vidianto MH.

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sejalan dengan tujuan pendirian pabrik semen tersebut, ia meminta perekrutan tenaga kerja PT Semen Indonesia, lebih memprioritaskan tenaga lokal, tentunya sesuai kompetensi yang dibutuhkan perusahaan. “Dengan adanya pabrik semen nantinya, setidaknya angka pengangguran di kabupaten ini dapat ditekan, dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Pidie,” ujarnya.(aya) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id