DPRK Sampaikan 11 Rekomendasi untuk LKPJ AMJ Bupati 2012-2017 | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

DPRK Sampaikan 11 Rekomendasi untuk LKPJ AMJ Bupati 2012-2017

DPRK Sampaikan 11 Rekomendasi untuk LKPJ AMJ Bupati 2012-2017
Foto DPRK Sampaikan 11 Rekomendasi untuk LKPJ AMJ Bupati 2012-2017

DEWAN Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara menyampaikan 11 rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban akhir masa jabatan (LKPJ-AMJ) Bupati Aceh Utara periode 2012-2017. Selain rekomendasi, kritikan yang konstruktif dan saran juga disampaikan 45 anggota dewan Aceh Utara dalam Rapat Paripurna Istimewa Ke-7 masa persidangan II di Gedung DPRK Aceh Utara pada Kamis (24/7).

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua Pelaksana Harian (Plh) DPRK Aceh Utara, H Abdul Mutaleb SSos didampingi Wakil Ketua H Mulyadi CH. “Dalam Pasal 23 Peraturan Pemerintah RI Nomor 3 Tahun 2007 disebutkan, LPKJ disampaikan kepala daerah dalam rapat paripurna.

LKPJ itu dibahas oleh DPRK secara internal dan sesuai tata tertib,” katanya. LKPJ tersebut diserahkan Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib pada 25 Juli 2017 dalam rapat paripurna. Setelah menerima LPKJ itu, DPRK Aceh Utara bekerja lebih ekstra lagi untuk menelaah dan meneliti laporan tersebut, sehingga catatan dan rekomendasi yang disampaikan nantinya dapat membantu Bupati Aceh Utara dalam mewujudkan visi misinya dalam membangun Aceh Utara periode 2017-2022.

Kritikan, saran, dan rekomendasi itu disampaikan dalam pendapat akhir gabungan Komisi A, B, C, D dan E, yang dibacakan Tgk Muhammad Wali, dengan meliputi kebijakan pemerintah daerah, pengelolaan keuangan, dan urusan desentralisasi. Kritikan yang disampaikan dewan tersebut tujuannya adalah agar pembangunan Aceh Utara ke depan lebih terarah, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari pembangunan tersebut.

“Setiap tahun, kita selalu menyampaikan saran, kritikan yang konstruktif, dan juga rekomendasi kepada kepada Bupati Aceh Utara. Tujuannya hanya satu, agar pembangunan yang sudah baik dapat dilanjutkan dan yang masih kurang itu dapat diperbaiki masa mendatang, sehinggga ke depan Aceh Utara ini bisa lebih baik,” pungkas Ketua Plh DPRK Aceh Utara.

Segera Tindaklanjuti
Kami berharap semua saran, kritikan, dan rekomendasi dewan yang sudah disampaikan dewan melalui gabungan komisi dapat segera ditindaklanjuti oleh semua SKPK, sehingga kedepan pembangunan Aceh Utara lebih baik. Selain itu, ke depan diharapkan dalam penyusunan LKPJ AMJ harus melibatkan semua dinas, badan, kantor camat, agar keberhasilan dalam pembangunan dapat terlihat.
* H Mulyadi CH, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara.

Fungsi Pengawasan
Setiap akhir tahun dalam periode 2012-2017, Pemkab Aceh Utara menyerahkan LKPJ kepada dewan. Lalu dewan selalu memberikan saran dan melahirkan rekomendasi kepada eksekutif setelah mempelajari dan melihat langsung setiap program di lapangan, karena ini fungsi pengawasan dewan. Kerja keras dewan dalam melahirkan sejumlah rekomendasi tersebut patut diapresiasi.
* Abdullah Hasbullah, SAg, MSM, Sekretaris DPRK Aceh Utara.

Mohon Dukungan
Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada dewan atas segala masukan, saran peringatan, dan kritikan yang konstruktif kepada kami. Ini akan menjadi catatan untuk kami tindaklanjuti secara konsisten dan terukur, sehingga segala permasalahan yang ada dapat diminimalkan dan diselesaikan dengan baik.

Kami juga berharap kepada dewan dapat terus memantau dan memberikan suambang saran kepada kami dalam pelaksanaan, sehingga visi misi kami untuk periode 2017-2022, dalam mewujudkan Aceh Utara yang berbudaya, sejahtera, mandiri, dan Islami dapat terwujud. Kami mohon dukungan semua pihak.
* H Muhammad Thaib, Bupati Aceh Utara.

Ini Rekomendasi Gabungan Komisi A, B, C, D, dan E
1. Segera menyelesaikan persoalan aset Pemkab Aceh Utara yang berada di Kota Lhokseumawe.
2. Penempatan aparatur dalam jabatan harus sesuai dengan kualifikasi dan kemampuannya.
3. Memperbaiki manajemen SDM aparatur sehingga tata kelola berjalan dengan baik dan membina keuchik dalam pengelolaan dana gampong.
4. Segera menyelesaikan persoalan tapal batas antara Kabupaten Aceh Utara dengan Kabupaten Bener Meriah.
5. Percepatan pemberantasan kemiskinan melalui pembangunan rumah layak huni yang tepat sasaran.
6. Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pedesaan lebih diutamakan di kawasan pedalaman.
7. Pengawasan dalam proses fisik harus ditingkatkan agar lebih berkualitas dan berguna bagi msayarakat.
8. Segera menyelesaikan persoalan dalam pembebasan lahan sehingga pembangunan Bendungan Krueng Pase baru tidak terkendala.
9. Segera menyelesaikan persoalan yang melilit pada perusahaan daerah dengan cara mengaudit aset dan keuangan.
10. Segera menyerahkan KUA PPAS perubahan 2017 dan Laporan Pelaksana Kegiatan APBK 2017 untuk dapat dibahas.
11. Melibatkan panitia anggaran dalam terjadinya revisi terhadap kegiatan yang bersumber dari dana otonomi khusus (otsus).

Saran Dewan kepada Bupati Periode 2017-2022
1. Pengawasan dan pengendalian pelaksanaan kurikulum ujian nasional dan pengelolaan dana BOS harus lebih transparan sehingga tak ada warga yang mengeluh lagi tentang biaya pendidikan.
2. Pelaksanaan kegiatan tidak hanya di satu lokasi secara terus menerus dan penyediaan buku bacaan sesuai dengan kurikulum serta harus ada peningkatan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan.
3. Fungsikan sarana pendidikan dan kesehatan yang telah dibangun sehingga tak telantar.
4. Pelayanan UPTD kepada guru harus ditingkatkan dan transparan.
5. Pelayanan kesehatan harus ditingkatkan sehingga semua masyarakat miskin dapat berobat secara maksimal.
6. Dinas terkait harus mengawasi dalam penyaluran raskin sehingga masyarakat mendapat beras layak konsumsi.
7. Persoalan kelangkaan pupuk harus segera dicari solusi sehingga tidak membebankan petani.
8. Penyampaikan KUA-PPAS dan RAPBK harus sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
9. Harus ada pendataan terhadap potensi pendapatan untuk mengejar target PAD.
10. Penyusunan belanja harus didasarkan pada prestasi kerja masing-masing SKPK.
11. Perencanaan harus memperhatikan unsur manfaat dan kondisi pemanfaatan. (adv) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id