Banda Aceh Raih Top 40 Sinovik 2017 | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Banda Aceh Raih Top 40 Sinovik 2017

Banda Aceh Raih Top 40 Sinovik 2017
Foto Banda Aceh Raih Top 40 Sinovik 2017

BANDA ACEH – Pemerintah Kota Banda Aceh kembali meraih prestasi tingkat nasional. Kali ini inovasi pengolahan sampah menjadi gas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa berhasil masuk dalam Top 40 Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2017.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, kepada Wali Kota Banda Aceh AmiBanda Aceh Raih Top 40 Sinovik 2017ah Usman pada acara pembukaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental, di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (25/8).

Sebelumnya, inovasi bertajuk “Sampah Menjadi Gas, Berkah bagi Warga” yang digagas Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh itu masuk dalam Top 99 Sinovik 2017 sekaligus menyisihkan lebih dari 3.100 proposal inovasi pelayanan publik lainnya se-Indonesia yang terdaftar melalui Sinovik dan berkompetisi pada tahun ini.

AmiBanda Aceh Raih Top 40 Sinovik 2017ah menyebutkan, keberhasilan Banda Aceh pada tahun ini mengulang keberhasilan tahun 2015 lalu dimana Banda Aceh sukses meloloskan empat inovasinya ke Top 99 Sinovik. “Dua inovasi dari DK3, satu dari DPKAD dan satu dari Kantor PPKB,” katanya usai menerima penghargaan.

“Alhamdulillah, tahun ini satu inovasi kita berhasil masuk dalam Top 40 Sinovik. Inovasi pengolahan sampah menjadi gas yang diinisiasi DLHK3 Banda Aceh merupakan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Aceh pada ajang tahunan KemenPANRB ini,” kata Amin sambil menambahkan bahwa DLHK3 merupakan dinas yang paling aktif berpartisipasi mengikuti ajang ini setiap tahunnya.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, T Samsuar menjelaskan, gas methan yang dihasilkan dari TPA Gampong Jawa disalurkan ke rumah-rumah masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitar lokasi TPA. “Inovasi ini sudah kita gagas sejak 2015 lalu. Awalnya hanya dapat kita salurkan untuk 23 rumah warga, dan selanjutnya ditambah 25 rumah pada 2016 dan 60 lebih sambungan rumah pada tahun 2017.”

Hingga kini sudah 110 rumah warga yang mendapat sambungan gas methan gratis dari TPA Gampong Jawa. Rencana ke depan akan terus ditambah sambungannya secara bertahap hingga mencapai 500 rumah. “Kita perkirakan gas methan yang ada di TPA Gampong Jawa dapat kita pergunakan hingga 25 tahun mendatang,” ungkap T Samsuar yang ikut mendampingi wali kota pada penyerahan penghargaan tersebut.(rel/aji) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id