PNS Kumpulkan 46 Ekor Hewan Kurban | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

PNS Kumpulkan 46 Ekor Hewan Kurban

PNS Kumpulkan 46 Ekor Hewan Kurban
Foto PNS Kumpulkan 46 Ekor Hewan Kurban

* Dibagikan ke 11 Kecamatan di Galus

BLANGKEJEREN – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Gayo Lues (Galus) telah berhasil mengumpulkan 46 ekor hewan kurban yang akan dibagikan ke warga 11 kecamatan. Penyaluran akan dilakukan oleh Dinas Syariat Islam sebelum hari raya Idul Adha pada 1 September 2017 mendatang.

Hewan kurban tersebut berasal dari sumbangan pegawai negeri sipil (PNS) atau juga pegawao honorer dan kontrak di sejumlah SKPK. Kepala Dinas Syariat Islam Galus, Drs Rasidin, kepada Serambi, Sabtu (26/8) mengatakan hewan kurban yang telah terkumpul yakni 40 ekor sapi dan 6 ekor biri-biri. Dia memperkirakan jumlah hewan kurban akan bertambah.

“46 Ekor hewan kurban yang terkumpul merupakan sumbangan dari para PNS di lingkungan Pemkab Galus dan diperkirakan akan terus bertambah sebelum dibagikan ke warga desa,” katanya. Dia menyatakan masih ada waktu bagi warga yang ingin berkurban, terutama para PNS, sehingga jumlahnya akan bertambah.

Dia menjelaskan para PNS mengumpulkan hewan kurban sapi secara berkelompok, sedangkan biri-biri perorangan. “Dari tahun ke tahun sumbangan hewan kurban terus bertambah, tentunya tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berkurban pada hari raya Idul Adha,” katanya.

Tahun lalu, Rasyidin mengungkapkan telah bertambah satu ekor sapi berasal dari salah satu SKPK, sehingga jumlahnya menjadi 56 ekor sapi. Sedangkan saat penyerahan secara simbolis hewan kurban oleh Bupati Galus, Ibnu Hasim kepada penghulu (keuchik) berjumlah 55 ekor sapi, tetapi kini ada penambahan satu ekor sapi lagi dan telah diserahkan kepada masyarakat.

Dikatakan, jumlah hewan kurban tahun 2016 lebih banyak dibandingkan tahun 2015 yang berjumlah 30 ekor sapi. Taun 2016 lalu, Kantor Inspektorak 4 ekor, Dinas Kesehatan, Disdikbud, Dinas PU Galus dan kantor Sekdakab masing-masing 6 ekor sapi dan Dinas Penggelolaan Keuangan Daerah 10 ekor sapi. Lainnya, 2 ekor sapi dan 1 ekor sapi.

Sepekan jelang hari raya Idul Adha 1438 Hijriah, pasar hewan di Kutacane, Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara masih sepi pembeli. Pedagang ternak, Saiful, Sabtu (26/8) mengatakan, saat ini pasar hewan masih sepi pembeli bila dibandingkan tahun yang lalu.

Dia beralasan, perekonomian masyarakat belum membaik, karena hasil panen petani turun, seperti kakao dan jagung, sehingga berimbas pada daya beli ternak untuk dikurbankan pada hari raya Idul Adha tahun ini.

Sedangkan harga sapi untuk kurban jelang hari raya Idul Adha 1438 Hijriah mencapai Rp 50 juta per ekor dengan bobot daging 300 kg di Kecamatan Semadam, Agara. Kambing kurban antara Rp 2,2 juta sampai Rp 6 juta per ekor atau tergantung dari bobotnya.

Pedagang ternak kurban di Semadam, Rajuandi, Kamis (24/8) mengatakan harga sapi kurban antara Rp 12,5 juta (60 kg) sampai Rp 17,5 juta (110-120 kg). Dia mengatakan jika ada warga yang ingin berkurban dengan sapi berukuran besar dengan bobot 300 kg, maka dia mengaku memiliki stok dan siap diantar ke tempat.(c40/as) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id