Jaksa Siapkan Tim Pendampingan Dana Desa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jaksa Siapkan Tim Pendampingan Dana Desa

Jaksa Siapkan Tim Pendampingan Dana Desa
Foto Jaksa Siapkan Tim Pendampingan Dana Desa

LHOKSUKON – Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara bersedia memberikan pendampingan gratis lewat Tim Pengawal Pengaman Pembangunan Pemerintah Daerah (TP4D) kepada keuchik dalam pengelolaan dana desa dan juga instansi di Pemkab Aceh Utara. Tujuannya agar pengelolaan anggaran tidak jadi persoalan hukum.

Hal itu disampaikan Kejari Aceh Utara, Edi Winarto SH kepada Serambi, di sela-sela kegiatan sosialisasi tentang penggunaan Dana Desa (DD) di Gedung Panglateh, Kecamatan Lhoksukon, Kamis (24/08). Kegiatan itu diikuti 206 keuchik dari lima kecamatan mencakup, Kecamatan Matangkuli, Lhoksukon, Cot Girek, Tanah Luas, dan Lapang.

“Selama bertugas di sini (pada 20 Februari 2017), belum ada desa atau instansi pemerintahan yang mengajukan pendampingan dalam pengelolaan anggaran. Padahal pendampingan yang kita sediakan itu gratis. Syarat untuk pendampingan harus mengajukan surat,” ujar Edi Winarto didampingi Kasi Intel Erning Kosasih kepada Serambi, kemarin.

Pendampingan tersebut, terangnya, tidak hanya untuk aparat desa dalam pengelolaan anggaran tapi juga instansi pemerintah, sehingga pengelolaan anggaran sesuai dengan ketentuan hukum. “Kita sudah mengadakan beberapa sosialisasi keberadaan TP4D tersebut. Saya tidak bisa memaksa untuk didampingi, kami hanya bisa mengimbau saja,” katanya.

Kajari Aceh Utara juga berharap kepada Pemkab Aceh Utara untuk menunda anggaran 2017 bagi desa-desa yang belum menyelesaikan pengerjaan dan laporan pertanggungjawaban dengan baik pada tahun 2015 dan 2016. “Dana 2017 tidak mesti untuk infrastruktur, tapi juga bisa diprioritaskan untuk pemberdayaan masyarakat, atau bisa juga untuk pembinaan kegiatan olahraga,” paparnya.(jaf) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id