Kajari: Banyak Laporan Penyimpangan Dana Desa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kajari: Banyak Laporan Penyimpangan Dana Desa

Kajari: Banyak Laporan Penyimpangan Dana Desa
Foto Kajari: Banyak Laporan Penyimpangan Dana Desa

BIREUEN – Sejak dikucurkan, laporan penyimpangan pengelolaan Dana Desa (DD) rupanya sudah banyak masuk ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen.

Hal itu dikatakan Kajari Bireuen, Mochammad Jefry SH MH selaku Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) kepada wartawan usai memberikan sosialisasi pengawasan dana desa bagi 609 keuchik di aula Lama Setdakab Bireuen, Kamis (24/8).

Dikatakan Kajari, sebelum pihaknya melakukan pengusutan terhadap pelaku tindak pidana korupsi, Kejari Bireuen terlebih dahulu memberikan sosialisasi untuk mengingatkan para keuchik selaku pengelola dana desa, agar dana itu digunakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Dia melanjutkan, setiap adanya penyimpangan, sebelum dilakukan pengusutan terlebih dahulu diberikan sosialisasi agar para keuchik paham dalam mengelola dan memberikan pertanggungjawaban dana desa yang telah dikucurkan kepada gampong yang bersangkutan.

“Hingga saat ini, meski belum ada keuchik yang diusut kasus korupsi dana desa, bukan berarti pengelolaan dana desa di Kabupaten Bireuen bersih dari penyimpangan, namun justru laporan penyimpangan sudah banyak masuk ke Kejari Bireuen,” terang Mochammad Jefry.

Hanya saja, Kajari belum menyebutkan keuchik mana yang laporannya sudah masuk ke Kejari Bireuen. Yang penting, menurutnya, diberikan sosialiasi dan mengingatkan para keuchik lebih dulu agar mengelola dana desa sesuai program untuk kepentingan masyarakat di gampongnya.

Sebelumnya, Bupati Bireuen, H Saifannur SSos, dalam pembukaan sosialiasi itu mengatakan, pemkab menaruh komitmen yang sangat tinggi untuk menyukseskan implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Antara lain, katanya, telah diwujudkan dengan mengalokasikan anggaran dana desa (ADD) atau ADG sesuai ketentuan perundang-undangan, yakni 10 persen setiap tahunnya sejak tahun 2015.(c38) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id