Pelanggan Tunggak Pembayaran 10 Tahun | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pelanggan Tunggak Pembayaran 10 Tahun

Pelanggan Tunggak Pembayaran 10 Tahun
Foto Pelanggan Tunggak Pembayaran 10 Tahun

* Kasus di PDAM Tirta Keumuning Langsa

LANGSA – Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Keumuning Langsa, Azzahir mengatakan, saat ini jumlah pelanggan PDAM setempat mencapai 13 ribu orang, namun ada pelanggan yang telah menunggak pembayaran rekening air hingga 10 tahun. “Sesuai audit yang kita lakukan, ditemukan pelanggan yang menunggak pembayaran rekening air mulai dari 3-10 tahun. Sedangkan total jumlah tunggakan pelanggan sekitar Rp 4 miliar,” kata Azzahir, kepada Serambi, Jumat (25/8).

Menurut Azzahir yang baru beberapa bulan menjabat Direktur PDAM, tiga bulan lalu jumlah tunggakan mencapai Rp 5 miliar, tetapi setelah dilakukan penagihan langsung oleh petugas kepada pelanggan yang bersangkutan, kini tunggakan itu berkurang menjadi sekitar Rp 4 miliar.

Terkait sisa tunggakan tersebut, pihak PDAM Tirta Keumuning kini terus melakukan upaya penagihan kepada pelanggan untuk menyehatkan kembali kondisi PDAM. Dirinya berharap kepada pelanggan untuk melunasi tunggakan tersebut.

Namun, sejalan dengan penagihan tunggakan, PDAM sendiri juga terus melakukan pembenahan pelayanan, sehingga konsumen merasa puas dan tidak ada kendala tentang suplai air ke rumah-rumah mereka. Kini, petugas melakukan survei dengan turun ke lapangan langsung melihat sejumlah jaringan.

Sementara itu, kata Azzahir, untuk mengatasi keluhan air yang keruh, pihaknya telah meminta Dinas Cipta Karya Provinsi Aceh untuk membangun bak pemisah lumpur (sedimentasi), karena selama ini yang ada cuma satu bak. Pihaknya membutuhkan tiga bak lagi di lokasi pengolahan air PDAM, Gampong Keumuning, Kecamatan Langsa Lama.

“Untuk sementara pembuangan lumpur di jaringan PDAM dilakukan pada malam hari ketika tekanan air sudah kuat dan aktivitas pelanggan menggunakan air tidak terganggu. Apabila air macet, kami meminta pelanggan melaporkan kepada petugas,” sebutnya.(zb)

masalah dihadapi

*Kesadaran warga membayar tagihan rendah
*Masih ada kasus pencurian air atau penyambungan ilegal
* PDAM Tirta Keumuning membutuhkan beberapa unit pengolahan air, antara lain bakpemisah lumpur (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id