Empat Tari Ini Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Aceh | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Empat Tari Ini Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Aceh

Empat Tari Ini Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Aceh
Foto Empat Tari Ini Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Aceh

URI.co.id, BANDA ACEH – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 23 Agustus malam menetapkan lima warisan budaya Aceh tahun 2017.

Terdiri atas empat tari, yakni tari landok sampot (Kluet, Aceh Selatan), rapa-i pasee (Aceh Utara), payung meusikat (Alas), rapa-i grimpeng (Aceh), dan pasanatken yang merupakan upacara adat sunat rasul di Alas, Aceh Tenggara.

Sidang penetapan lima warisan budaya dari Aceh itu dilaksanakan di Hotel Millenium Jakarta sejak 21 hingga 24 Agustus 2017 yang dihadiri Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Dr Hilmar Farid.

Dari Aceh hadir satu tim yang dipimpin Kadisbudpar Aceh, Drs Reza Fahlevi MSi, didampingi Kepala Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh-Sumatera Utara, Irini Dewi Wanti MSP, serta tiga orang lainnya dari Disbudpar Aceh, yakni Alfian Afif MPd, Imam Juwaini, dan Jamal.

(Baca: Irwandi: Saman Kebudayaan Gayo yang Kini Dimiliki Dunia)

Menurut Alfian Afif kepada URI.co.id via telepon Jumat (25/8/2017) pagi, penilaian dan penetapan lima warisan budaya Aceh itu dilakukan oleh tim ahli/pakar budaya dari Kemendikbud RI yang dipimpin Pudentia MPSS.

(Baca: Tiga Penyair Aceh Menulis Esai Antikorupsi dalam Kata Tidak Sekadar Melawan)

“Alhamdulillah, semua yang kita usulkan akhirnya disetujui dan ditetapkan Kemendikbud RI sebagai warisan budaya Aceh pada tahun 2017,@ kata Alfian, mantan wartawan Harian Serambi Indonesia.

(Baca: Horee, Harga Mobil Baru di Aceh Segera Turun)

Dengan penetapan ini berarti Aceh sudah memiliki 47 warisan budaya nonbenda sejak program ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2013.

Sebelumnya, Aceh juga menerima delapan sertifikat warisan budaya dari Mendikbud, Prof Muhadjir Effendy pada 27 Oktober 2016 di Gedung Kesenian Jakarta.

(Baca: VIDEO: Bikin Keringetan, Sedapnya Kuah Beulangong)

Menurut Mendikbud saat itu, warisan budaya Indonesia, khususnya warisan budaya tak benda terancam punah, antara lain, disebabkan warisan budaya tak benda tersebut tidak dilindungi dengan baik. (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id