BRI-REI Jalin Kerja Sama Penyaluran KPR | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

BRI-REI Jalin Kerja Sama Penyaluran KPR

  • Reporter:
  • Jumat, Agustus 25, 2017
BRI-REI Jalin Kerja Sama Penyaluran KPR
Foto BRI-REI Jalin Kerja Sama Penyaluran KPR

BANDA ACEH – PT BRI (Persero) Tbk Kantor Wilayah (Kanwil) Banda Aceh dan Real Estat Indonesia (REI) Aceh menjalin kerja sama terkait penyaluran Kredit Perumahan Rakyat (KPR) bagi measyarakat berpenghasilan rendah.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Pemimpin Wilayah (Pimwil) BRI Banda Aceh, Dedy Iskandar dan Ketua REI Aceh, Muhammad Noval, di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Kamis (24/8).

Pimwil BRI Banda Aceh, Dedy Iskandar kepada Serambi menyampaikan penandatanganan nota kesepahaman tersebut nantinya akan dilanjutkan perjanjian kerja sama (PKS) dengan developer-developer anggota REI, baik itu untuk KPR bersubsidi maupun non bersubsidi.

Dikatakan, uang muka atau DP yaitu mulai 5 persen untuk KPR dengan luas bangunan kurang dari 70 meter persegi, sedangkan luas bangunan diatas 70 meter persegi maka mengikuti ketentuan dari Bank Indonesia mulai 15 persen. Sementara jangka waktunya maksimal 20 tahun, dan bunga saat ini mulai 7 persen p.a.

Ia menambahkan untuk informasi lebih lanjut, maka masyarakat dapat langsung mendatangi kantor BRI terdekat. “Syarat KPR bagi swasta yaitu mempunyai fixed income atau penghasilan tetap, dan mempunyai izin usaha,” sebutnya.

Sementara Ketua REI Aceh, Muhammad Noval menambahkan kerja sama dengan BRI ini dalam rangka untuk mendukung percepatan pembangunan perumahan untuk keperluan masyarakat. “Bentuk dukungan BRI juga akan mensupport pembiayaan kepada developer dibawah REI,” ujarnya.

Dikatakan Noval, kerja sama tersebut tidak hanya untuk rumah subsidi tapi juga non subsidi. Perumahan subsidi adalah untuk masyarakat yang berpenghasilan dengan gaji pokoknya tidak lebih dari Rp 4 juta.

“Tahun ini REI menargetkan membangun 7.000 unit rumah subsidi di Aceh, yang sudah berjalan diatas 4.000 unit dengan tipe 36 yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Aceh,” sebut Noval. Pada hari yang sama, DPD REI Aceh juga melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk pengembang REI yang berlangsung di Hotel The Pade, Lampeunerut, Aceh Besar selama dua hari (24-25 Agustus). (una) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id